Posdaya Hidayah Lahirkan Taman Bergizi

0
14

JUMAT, 7 APRIL 2017

PADANG — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Hidayah melahirkan taman bergizi untuk masyarakat yang berada di RT 01/RW 02 Kelurahan Sawahan Timur, Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Pengelolaannya pun tidak dikerjakan oleh satu pihak, tapi dikerjakan secara swadaya juga.

Ketua Posdaya Hidayah, Nining.

Ketua Posdaya Hidayah Sawahan Timur, Nining, mengatakan, luas lahan perkebunan taman bergizi itu hanya seluas lapangan bermain futsal. Isi tamannya pun beragam, mulai dari cabai, terong, pepaya, dan sayur-sayuran lainnya. Untuk mengisi tanaman itu, Posdaya Hidayah pun menyediakan bibit untuk masyarakat yang diswadayakan menanam di taman bergizi tersebut.

“Jadi, yang mengelola taman bergizi itu diserahkan ke masyarakat, yang dikerjakan secara swadaya sembari berolahraga. Kami menyebutnya, aktivitas 30 menit untuk taman bergizi,” ujar Nining, Jumat (7/4/2017).

Menurut Nining, hasil dari taman bergizi itu pun dibagikan secara gratis kepada setiap warga yang berada di RT 01/RW 02 Kelurahan Sawahan Timur. Dikarenakan dikelola oleh masyarakat, maka hasil taman bergizi pun diambil secara gratis oleh masyarakat.

Semangat yang ditunjukkan oleh bapak-bapak di RT 01/RW 02 Kelurahan Sawahan Timur itu, juga sembari menjalankan imbauan Pemerintah Kota Padang untuk menanam cabai merah 10 pot pada setiap rumah sebagai kebutuhan tambahan untuk komoditas rumah tangga.

“Taman bergizi ini, sebenarnya sudah dikelola sejak 2016 lalu yang berawal dari adanya KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Taman Siswa (Tamsis) ke RT 01/RW 02 Kelurahan Sawahan Timur. Jadi, sejak itu, kami melanjutkan apa yang telah dikerjakan oleh mahasiswa tersebut,” kata Nining.

Cabai yang ditanam pada taman bergizi itu tidak sembarang cabai, karena bibit cabainya didatangkan langsung dari Taiwan dan juga Lombok. Bibit cabai tersebut didapatkan Nining, karena pernah berkunjung ke salah satu daerah hingga akhirnya dibawa ke Padang. Alasan Nining membawa cabai itu, karena rasa cabainya cukup pedas, dan tentunya pedasnya cabai Taiwan dan Lombok cocok dengan selera masyarakat Sumbar.

Menurut Nining, dengan adanya taman bergizi itu cukup membantu masyarakat setempat untuk kebutuhan masak sehari-hari. Dikarenakan dikerjakan secara begantian dan swadaya, jadi tidak ada yang merasa tidak berhak untuk menikmati hasil taman bergizi itu. Semua warga di RT 01/RW 02 Kelurahan Sawahan Timur berhak untuk menikmati hasil taman bergizi itu.

Seorang warga yang berada di taman bergizi dengan tanaman terong.

“Taman bergizi itu bukan milik Posdaya Hidayah, tapi milik warga di RT 01/RW 02 Kelurahan Sawahan Timur. Dikerjakan secara bersama dan menikmati hasilnya juga secara bersama,” tegasnya.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto: Muhammad Noli Hendra

Komentar