Posdaya Kanthil Kuning, Serap Dana Tabur Puja Rp139,5 Juta

43

SABTU, 1 APRIL 2017

YOGYAKARTA — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Menjalankan Simpan Pinjam Tabur Puja sejak Februari 2014, Posdaya Kanthil Kuning di Dusun Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, hingga kini telah menyalurkan dana pinjaman sebesar Rp139,5 juta, kepada 9 kelompok usaha anggotanya.

Kantor Posdaya Kanthil Kuning

Posdaya Kanthil Kuning merupakan salah satu nasabah pinjaman Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tabur Puja Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Makmur. Dana pinjaman Tabur Puja dimanfaatkan oleh Posdaya Kanthil Kuning untuk meningkatkan kemampuan ekonomi dari sejumlah usaha mikro kecil anggotanya. Beberapa usaha itu, meliputi bidang perdagangan, jasa dan pertanian.

Ketua Posdaya Kanthil Kuning, Sumiyem, mengatakan, dari sejumlah warga yang meminjam dana Tabur Puja, itu mayoritas adalah ibu-ibu anggota Posdaya yang berdagang kecil-kecilan. “Awalnya, KUD Tani Makmur datang menyosialisasikan Tabur Puja. Semula, kita tidak tertarik. Namun, akhirnya kita menerima, terlebih karena di Posdaya ini banyak warga yang memiliki usaha, tapi kesulitan permodalan,” ujarnya, belum lama ini.

Selain itu, lanjut Sumiyem, juga karena memang ada beberapa kelebihan dan keunggulan dari Tabur Puja, jika dibanding dengan unit usaha simpan pinjam lainnya, baik itu dari program Pemerintah maupun dari Bank swasta. “Tabur Puja itu keunggulannya tanpa agunan. Prosesnya lebih mudah, syaratnya hanya fotokopi KTP dan KK, setelah wawancara, seminggu juga langsung cair. Tidak harus disurvei. Bunga pinjamannya juga tidak memberatkan. Termasuk paling rendah dibanding yang lain,” bebernya.

Sumiyem

Keunggulan lain yang juga dimiliki Tabur Puja, menurut Sumiyem, adalah seluruh prosesnya yang bisa dilakukan di Posdaya atau Pedukuhan, mulai dari pengajuan, seleksi, pencairan, hingga pembayaran angsuran. Sehingga, warga tidak perlu jauh-jauh datang ke Bank atau kantor tertentu. “Keuntungan lainnya, selain pinjam kita juga bisa sekaligus menabung. Jadi, setiap tahunnya kita menerima hasil dari tabungan itu,” ujarnya.

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Jatmika H Kusmargana

Komentar