Pramuka Wajib Pertahankan dan Kembangkan Budaya Lokal

82

JUMAT, 7 APRIL 2017

MAUMERE — Tugas pramuka salah satunya adalah mengembangkan dan mempertahankan budaya yang menjadi ciri khas daerah atau budaya lokal yang ada. Bahkan bila perlu pada hari tertentu pramuka Sikka wajib mengenakan busana adat Sikka.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Alok Timur Frando da Lopez (kiri) bersama Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sikka Pius Ola Within.

Demikian disampaikan Bupati Sikka, Drs.Yoseph Ansar Rera, selaku Ketua Mabicab pramuka Sikka saat melantik dan mengukuhkan Majelis Kwartir Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Alok Timur masa bakti 2017-2020 di aula SMEAK Yohanes XXIII, Jumat (7/4/2017).

Dikatakan Ansar, motif pakaian pramuka bisa juga dikombinasikan sedikit dengan tenun ikat Sikka sehingga membedakan pramuka Sikka dengan pramuka lainnya yang ada di negeri ini.

“Ini untuk menunjukkan kita di Sikka punya potensi hasil karya tenun ikat yang sekarang ini telah digemari baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Menurut Ansar, tugas dari Majelis Kwartir Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Alok Timur, yakni membimbing dan menggerakkan organisasi pramuka di Kecamatan Alok Timur agar dalam jiwa generasi muda bisa ditanamkan semangat yang ada dalam gerakan pramuka.

“Kita tahu kerja pramuka adalah mempersiapkan dan membimbing kader-kader kita menjadi kader bangsa yang memiliki kompetensi dan berintegritas,” tegasnya.

Untuk desa di wilayah Kecamatan Alok Timur dalam rangka membina karakter anak-anak, pemerintah di wilayah ini harus mendukungnya melalui APBDes dan juga sekolah-sekolah wajib mendukung gerakan pramuka melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) supaya pramuka efektif berjalan dan dapat mengurangi kenakalan remaja.

“Semoga pramuka di Kabupaten Sikka ini berkembang pesat dan benar-benar menjadi wadah pembinaan karakter anak di luar kurikulum di sekolah,” harap Ansar

Kepada segenap Majelis Pembina dan Pengurus Kwartir  Gerakan Pramuka Alok Timur, Ansar mengharapkan untuk membangun kekompakan, gotong-royong, kerjasama untuk menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Frando da Lopez, Camat Alok Timur, mengatakan, dengan dilantiknya kepengurusan pramuka ini pihaknya akan memanfaatkan gerakan ini untuk membentuk karakter anak muda di wilayahnya.

Dalam melakukan kegiatan pramuka, lanjut Frando, pihaknya akan menggandeng sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Alok Timur untuk melakukan kegiatan-kegiatan kepramukaan secara bersama-sama seperti berkemah serta mengadakan lomba antar sekolah yang ada.

“Saya berharap kepada segenap pengurus yang sudah dilantik untuk bersama-sama memajukan gerakan pramuka di Kecamatan Alok Timur dengan memberikan ide, gagasan dan kerja nyata demi hidupnya gerakan pramuka di wilayah ini,” tuturnya.

Penandatanganan naskah pelantikan pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Alok Timur.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sikka Pius Ola Within, Camat Alok Timur Kapolsek Alok, serta seluruh anggota Majelis Kwartir Ranting dan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Alok Timur.

Jurnalis: Ebed de Rosary / Editor: Satmoko / Foto: Ebed de Rosary

Komentar