PUR’IN, Pantai dan Taman Bermain Anak di Tegal

277

MINGGU, 2 APRIL 2017

SLAWI — Obyek wisata Purwahamba Indah atau yang biasa disebut PUR’IN, merupakan obyek wisata yang berada di jalur Pantai Utara (Pantura) Tegal-Pemalang, Jawa Tengah. Letaknya di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Obyek wisata yang berdiri sejak 1980-an ini sering dijadikan tempat bermain anak-anak.

Pantai PUR’IN

Bendahara UPTD I Obyek Wisata Pur’in, Fahmi Wiwin, mengatakan, obyek wisata yang terkenal dengan pantai birunya ini pernah mengalami masa-masa keemasan pada 1990-2000. “Bagi yang ingin menikmati semilirnya angin laut Pantai Pur’in, kami menyediakan dermaga dan gazebo di bawah rindangnya pepohonan,” kata Fahmi.

Di lokasi ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan birunya air laut, semilirnya angin di bawah pepohonan, ditambah menikmati kelapa muda yang hampir setiap warung menyediakan. Tentu ini sangat bermanfaat bagi pengunjung yang ingin melepas lelah. Sedangkan bagi para pecinta mancing, juga bisa memancing ikan laut di ujung dermaga. Sambil memancing ikan, di ujung dermaga pengunjung juga akan melihat pemandangan ikan-ikan layar yang berenang di sekitar dermaga, serta bisa ber-selfie ria.

Kereta Mini, fasilitas bermain  anak di PUR’IN

“Juga ada panggung kegiatan, lokasi terbuka hijau yang biasa digunakan untuk anak-anak Pramuka berkemah dan melakukan kegiatan kepramukaan. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bermain wahana air, kami menyediakan wahana water boom, kolam renang dewasa dan anak-anak, yang dilengkapi berbagai macam jenis permainan anak-anak,” kata Fahmi.

Ditambahkan pula, masyarakat sekitar baik dewasa maupun anak-anak hampir selalu datang ke Pur’in. Apalagi, di hari Minggu pagi, Pantai Pur’in selalu penuh dengan anak-anak yang bermain di pantai. Selain air lautnya yang biru, ombak di pantai juga kecil, sehingga aman untuk anak-anak berenang.

Fahmi Wiwin

Sementara itu, taman bermain anak-anak juga sekarang ditambah dengan berbagai wahana permainan lain, seperti pesawat terbang, kereta mini dan arena permainan lainnya. Fahmi berharap, dengan ditambahnya berbagai arena mainan anak, obyek wisata ini akan terus ramai dikunjungi wisatawan.

Salah satu pengunjung, Andika (12), siswa Sekolah Dasar, mengatakan hampir setiap hari bermain di taman permainan Pur’in. Jika hari aktif sekolah, ia dan kawan-kawannya bermain di Pur’in setiap sore, tapi jika hari libur biasanya pagi juga sudah asyik bermain di tempat ini.

Jurnalis: Adi Purwanto/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Adi Purwanto

Komentar