Ratusan Warga di Bakauheni, Antusias Periksa Kesehatan

130

MINGGU, 2 APRIL 2017

LAMPUNG — Ratusan warga di Kecamatan Bakauheni dan beberapa wilayah lain di Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis di lingkungan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, yang diadakan oleh Komunitas Peduli Generasi Lampung, Minggu (2/4/2017).

Pemeriksaan kesehatan gratis di Bakauheni

Koordinator Komunitas Peduli Generasi Lampung, Encep Supriyadi (22), mengatakan, pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan kepada masyarakat luas dan sebagian karyawan PT ASDP dalam rangka memeriahkan puncak peringatan sekaligus penutupan HUT ke-44 PT ASDP Bakauheni.  “Kita sudah rutin mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di beberapa kegiatan, dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang selama ini dianggap masih mahal, sehingga masyarakat enggan datang ke tempat pemeriksaan kesehatan,” ungkap Encep.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan meliputi  pemeriksaan berat badan, tensi darah, gula darah, kolesterol, asam urat, serta sosialisasi pelayanan kesehatan oleh komunitas, melibatkan satu orang tenaga dokter dan beberapa relawan. “Pemeriksaan gratis ini merupakan bentuk kepedulian kesehatan bagi masyarakat, terutama di wilayah yang masyarakatnya sulit mengakses pelayanan kesehatan,” kata Encep.

Menurut Encep, kegiatan serupa pada hari ini juga akan diadakan di Dermaga Boom Kalianda, dengan fokus ke pemeriksaan golongan darah dalam acara Komunitas Literasi Lampung. Komunitas Peduli Generasi Lampung yang memiliki motto ‘We Care, We Do, We Share’ (Kita Peduli, Kita Lakukan, Kita Berbagi), juga memiliki kegiatan pelayanan kesehatan di sejumlah daerah terpencil di wilayah Provinsi Lampung. Juga memiliki rumah singgah yang berada di Bandarlampung. Rumah singgah tersebut merupakan layanan sosial kesehatan yang diberikan bagi para pasien kurang mampu dan bertujuan mewujudkan rumah singgah gratis bagi pasien kurang mampu, dan mewujudkan rumah singgah yang sehat, bersih dan nyaman.

Encep Supriyadi

Salah satu relawan dari Kalianda, Elin, mengungkapkan kegiatan komunitas juga terus melakukan pendampingan bagi pasien tidak mampu, untuk dirujuk ke sejumlah rumah sakit lain, terutama bagi pasien tidak mampu yang tidak bisa ditangani di rumah sakit di Lampung.

Jurnalis: Henk Widi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Henk Widi

Komentar