Ribuan Pencari Kerja Padati Job Fair UNS Solo

35

KAMIS, 6 APRIL 2017

SOLO — Ribuan pencari kerja memadati Job Fair yang digelar di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Tak kurang 32 perusahaan tingkat nasional dan BUMN ikut dalam Job Fair yang digelar pada 5-6 April 2017.

Pencari kerja antre mengisi form pendaftaran.

Ketua Career Devolepment Center Universitas Sebelas Maret Surakarta (CDC-UNS), Dr. Kusnandar mengatakan, kegiatan pameran bursa kerja ini untuk memfasilitasi alumni dengan perusahaan yang selama ini telah terjalin kerja sama.  Selama ini UNS telah bekerjasama dengan lebih dari seribu perusahaan.  “Untuk Job Fair ini kita libatkan 32 perusahaan karena  kapasitas  udah maksimal,” ujar Kusnandar di sela-sela kegiatan, Kamis (6/4/2017).

Sebanyak 32 perusahaan yang menjadi peserta Job Fair kali ini merupakan perusahaan tingkat nasional, baik BUMN, maupun swasta.  Perusahaan swasta yang menjadi peserta Job Fair kali ini sebagian besar merupakan jasa konstruksi, perbankan, retail,  serta perusahaan obat. Selain Job Fair, layanan yang CDC UNS seperti tracer study, tracer user, rekruitmen, early recruitmen program, fasilitasi magang luar negeri, pre job training, seminar karir dan lain sebagainya. 

“Job Fair kita buka  untuk masyarakat umum, yang memiliki ijazah minimal S1 atau D3 dari berbagai program studi.  Tak hanya lulusan UNS, berbagai perguruan tinggi juga diperbolehkan,” jelas Kusnandar.

Antusias pengunjung yang datang untuk mencari lowongan pekerjaan dalam Job Fair kali ini cukup besar. Pada hari pertama Rabu kemarin, jumlah pengunjung Job Fair mencapai 3.395. Sementara di hari kedua ini, dipastikan pengunjung semakin meningkat.  Selama dua hari ini, pengunjung Job Fair ke XV tersebut diperkirakan mencapai 7000 orang. “Sampai jam 15.00 pengunjung hari ini sudah lebih dari 3000. Selama dua hari ini 7000 pengunjung pasti tembus,” imbuhnya. 

Staf Rekruitmen PT Adi Karya Tbk, Adam menyebutkan, untuk tahun ini pihaknya memberi kesempatan bagi 100 pendaftar terbaik untuk bergabung dengan perusahaan.  Sebanyak 100 lowongan pekerjaan yang dibuka ini tidak hanya untuk peserta Job Fair di UNS saja,  melainkan terbuka untuk umum. “Selain Job Fair ini kita juga buka secara resmi di web. Kita buka 100 lowongan pekerjaan bagi fress graduated hingga 14 April 2017 mendatang,” sebut Adam.

Dalam Job Fair ini pihaknya tidak membatasi siapa yang  tertarik untuk mendaftar pekerjaan. Selain untuk fress graduated, perusahaan juga membuka lowongan pekerjaan untuk umum, dan S2.  “Untuk fress graduated ini kita buka 11 jurusan. Kalau total yang dibutuhkan kita belum tentukan, yang jelas sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Ribuan pencari kerja terlihat banyak yang berjubel dan antre untuk mendaftarkan pekerjaan dalam Job Fair 2017 kali ini. Mereka yang datang rata-rata mahasiswa yang baru saja lulus, baik dari wilayah Solo maupun Semarang dan Yogyakarta. Tak sedikit dari pengunjung  baru coba-coba  melamar pekerjaan setelah lulus kuliah.  “Coba-coba saja, siapa tahu ada yang cocok dengan lulusan saya,” kata Oka, pengunjung dari Ungaran.

Perempuan lulusan S1 Psikologi itu mengaku ingin bekerja di bidang kontruksi, perusahaan milik BUMN.  Berbeda lagi dengan pengunjung lain, Oktaviana, yang juga sengaja ikut dalam Job Fair untuk mencari peruntungan pekerjaan. Perempuan luluasan Patologi itu pun mengaku masih kesulitan mencari pekerjaan sesuai dengan lulusan, karena keterbatasan  pekerjaan yang ditawarkan perusahaan yang menjadi peserta Job Fair.

Ribuan pencari kerja padati Auditorium UNS Solo.

“Serius mau cari kerja, tapi di webnya masih ada yang tidak bisa diisi,” tandas Oktaviana.

Jurnalis: Harun Alrosid / Editor: Satmoko / Foto:  Harun Alrosid

Komentar