Ribuan Sepeda Onthel, Keliling Kota Malang

59

MINGGU, 9 APRIL 2017

MALANG — Ribuan pecinta sepeda tua dari berbagai daerah di Indonesia, berkumpul di Kota Malang untuk mengikuti gelaran Jambore Onthel yang diadakan oleh Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-103 Kota Malang. Para peserta Jambore diberangkatkan dari halaman parkir Stadion Gajayana, untuk kemudian berkeliling di Kota Malang.

Peserta Jambore Onthel di Malang

“Peserta Jambore Onthel akan menempuh perjalanan sejauh 17,2 kilometer dengan mengeliling tempat-tempat wisata yang ada di Kota Malang,” jelas Ketua Kosti Kota Malang, Nurhadi, kepada Cendana News, Minggu (9/4/2017).

Total peserta yang terdaftar di panitia lebih dari 3.000 orang. Tidak hanya dari Jawa Timur, peserta Jambore Onthel juga ada yang dari Jakarta, Bandung, Bekasi, bahkan Kalimantan Selatan. Nurhadi menyampaikan, saat ini sepeda kuno sudah mulai dilupakan generasi muda. Padahal, sepeda onthel sendiri adalah sebagian dari budaya yang harus dilestarikan.

“Karena itu, sebagai pewaris bangsa, selain untuk memperingati hari jadi Kota Malang, kami ingin acara Jambore Onthel ini bisa dijadikan ajang untuk melestarikan sepeda onthel. Kami ingin, agar sepeda onthel tidak akan hilang di bumi pertiwi, karena merupakan salah satu peninggalan sejarah bagi bangsa Indonesia, katanya.

Lebih lanjut, Nurhadi mengatakan, Jambore Onthel sebagai salah satu bentuk sumbangsih Kosti terhadap Pemerintah Daerah dengan cara mendatangkan teman-teman onthelis dari berbagai daerah untuk berkumpul di Kota Malang. Tidak hanya itu, yang menarik melalui acara ini juga bisa menumbuhkan perekonomian di Kota Malang.

“Kalau kita ambil contoh, satu onthelis membawa uang Rp200 ribu, maka ia akan menghabiskan uang tersebut selama dua hari di Kota Malang. Dengan begitu, akan terjadi perguliran ekonomi di Kota Malang yang cukup tinggi. Dunia perhotelan juga diuntungkan, karena hotel-hotel di Malang dipenuhi oleh peserta Jambore Onthel yang menginap,” terangnya.

Nurhadi

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, Jambore Onthel tahun ini turut didanai oleh Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Kota Malang. “Onthelis ini hanya sebagai sarana, tetapi seduluran sak lawase (persaudaraan selamanya) adalah harapan kami,” pungkas Nurhadi.

Jurnalis: Agus Nurchaliq/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Agus Nurchaliq

Komentar