Sepuluh Posdaya Terbaik di Padang Dapat Reward di HUT Pertama KSU Derami

0
19
KAMIS, 6 APRIL 2017
PADANG — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Di Hari Ulang Tahun pertama Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang (KSU Derami) memberikan reward kepada Posdaya terbaik, asisten kredit terbaik dan karyawan terbaik yang ada di Kota Padang. Penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi KSU atas upaya yang telah dilakukan oleh pemenang dalam membantu masyarakat, terutama kalangan bawah guna meningkatkan kualitas hidup.
Haryono Suyono bersama pemenang dan pengurus Posdaya.
“10 Posdaya tersebut sudah memberikan usaha yang maksimal dan menjadi Posdaya Mandiri rujukan Damandiri,” sebut Ketua Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang (KSU Derami), M. Hasymi, di kantor koperasi, Kamis (6/4/2017).
Disebutkan, pemberian reward tersebut setelah dilakukan penilaian, baik dalam Sistem Komputerisasi Tabur Puja (SKTP) hingga suksesnya empat pilar Posdaya, seperti kesehatan, ekonomi, lingkungan dan pendidikan. 
Disambung Manajer Tabur Puja Padang, Indra Putra, penilaian dilakukan selama tiga bulan terakhir dengan melakukan berbagai evaluasi. Posdaya yang meraih reward juga merupakan Posdaya yang dinilai sudah dapat mandiri.
Supervisor Damandiri, Edi Suandi, serahkan penghargaan pada pemenang.
“Ada beberapa kriteria penilaian di antaranya pengurusnya aktif, sistemnya diperbarui hingga administrasi teratur,” sebutnya.
Disebutkan juga, apresiasi yang diberikan merupakan rencana yang sudah disusun beberapa bulan lalu dan diberikan saat HUT ke-1 KSU Derami yang sudah berbadan hukum.
“Kebetulan di HUT pertama kita juga mendapatkan penghargaan dari Damandiri Award, sebagai Terbaik II Kategori Koperasi Pengelola Tabur Puja,” katanya.
Sementara itu, salah satu pemenang, Ketua Posdaya Kumala Sepakat, Afniati menyebutkan, rahasia kesuksesannya dalam mengelola kelompoknya yakni disipilin. Selain itu, empat pilar yang ada juga dijalankan dengan baik.
Afniati, pemenang Posdaya Terbaik di Padang.
“Kita aktif di berbagai kegiatan, terutama yang berhubungan dengan empat pilar Posdaya,” sebutnya.
Selain itu, dalam HUT pertama KSU Derami juga mendatangkan salah satu tokoh penggerak Posdaya, Haryono Suyono, yang memberikan motivasi kepada pengurus koperasi dan Posdaya yang ada di Kota Padang.
Di hadapan puluhan Ketua Posdaya di Padang dan juga dihadiri oleh Konsultan Posdaya Sumbar Zasmeli Suhaemi,  Supervisi Damandiri Area V Wilayah Sumbar Edi Suandi, dan jajaran pimpinan KSU Derami Padang, Haryono menyampaikan, untuk menjadi koperasi yang hebat, harus mampu mensinergikan antara koperasi dengan masyarakat. 
“Koperasi itu membantu Posdaya, membantu PAUD, bukan koperasi yang mengurus atau mengambil alih PAUD. Hal inilah yang perlu dipahami oleh koperasi agar menjadi hebat dan melahirkan kader yang hebat pula, sehingga tidak mencampuradukkan fungsi dan peran koperasi di kalangan masyarakat,” tutur Haryono Suyono.
Dengan demikian, target untuk mengentaskan kemiskinan, menghapus kelaparan, untuk menghilangkan kesenjangan sosial antara miskin dan kaya, akan tercapai. Namun, Haryono berharap agar setiap Posdaya memiliki peta di masing-masing kelurahan, yang bisa memetakan masyarakatnya mana yang pra sejahtera dan mana yang sejahtera satu, serta masyarakat mana yang benar-benar sejahtera.
 Suasana pertemuan bersama Haryono Suyono di Aula KSU Derami Padang.
“Cita-cita ini tidak untuk saya, tapi untuk masyarakat luas, karena koperasi bisa membantu masyarakat. Makanya, saya sangat berharap betul, kinerja koperasi yang ada saat ini harus melahirkan kader yang hebat,” tutupnya.
Berikut beberapa penerima penghargaan dalam HUT KSU Derami pertama:
Kategori 10 Posdaya Terbaik
1. Posdaya Kumala Sepakat
2. Posdaya Bahari
3. Posdaya Gurun Sarumpun
4. Posdaya Hidayah
5. Posdaya Sejahtera
6. Posdaya Anggrek Putih
7. Posdaya Pagati Sejahtera
8. Posdaya Harapan Ibu
9. Posdaya Saiyo Sakato Tanah Sirah
10. Posdaya Mekar Jaya
Penghargaan Karyawan Kategori Asisten Kredit Terbaik
1. Margono Okta
2. M. Hamdan Arsya
3. Ramadonni
Penghargaan Karyawan Kategori Bagian Operasional Terbaik
1. Ahmad Yani
Penghargaan Karyawan Bisnis Support Terbaik
1. Novrianda
Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto: Muhammad Noli Hendra

Komentar