Setelah Mandiri, Posdaya Sejahtera II Segera Diluncurkan

40

SABTU, 7 APRIL 2017

PADANG — Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri — Berbagai upaya dilakukan oleh Posdaya-posdaya yang ada di kota Padang untuk terus aktif mendampingi masyarakat. Melalui sinergi di bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian hingga lingkungan yang langsung menyentuh masyarakat membuatnya semakin diidolakan.

Ketua Posdaya Sejahtera Latifah

Dengan pola terstruktur, disiplin dan berdikari membuat 10 dari 51 Posdaya yang ada di Kota Padang sudah mampu menjadi mandiri, hal tersebut dibuktikan dalam waktu dekat akan segera berubah status menjadi Posdaya Mandiri. Yang mengelolah sendiri, mulai dari pengurus, anggota hingga simpan pinjam.

Meski segera mandiri, inovasi baru terus diluncurkan, salah satunya oleh Posdaya Sejahtera yang berkedudukan di Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Dimana saat ini tengah mempersiapkan Posdaya baru dengan tujuan agar lebih banyak masyarakat yang terbantu.

Mengambil posisi di pusat keramaian, tepatnya dekat pasar Gauang yakni di Jalan Banyungwangi, diharapkan lebih membantu masyarakat hingga pedagang kecil yang ada di sana. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pinjaman modal usaha melalui Tabur Puja, maka bisa mengajukan pinjamannya ke Posdaya Sejahera III.

Ketua Posdaya Sejahtera, Latifah menyebutkan, pengurusan Posdaya Sejahtera II sudah dimulai dari beberapa waktu belakangan. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, mulai dari pengurus hingga surat keputusan.

“Selain tempat, orang-orang yang akan mengurus Posdaya juga telah ada, SK juga telah ada,” sebut Ketua Posdaya Sejahtera Latifah saat disambangi Cendana News, Sabtu (8/4/2017).

Dijelaskan, saat ini tinggal menunggu MoU antara Posdaya Sejahtera II dengan Koperasi Serba Usaha Dewantara Ranah Minang. Jika itu telah ada juga, maka Posdaya Sejahtera II sudah bisa dioperasikan.

“Semoga dalam waktu dekat Posdaya Sejahtera II dioperasikan,” harapnya.

Tersimpan harapan yang besar dalam pembentukan Posdaya Sejahtera II, yakni masyarakat yang berada di lokasi tersebut dapat merasakan manfaat Posdaya dan skim Tabur Puja nya.

“Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat,” katanya.

Disebutkan juga, jarak antara Posdaya Sejahtera dengan Posdaya Sejahtera II itu jika diukur dengan waktu hanya sekira 10 menit. Luasnya Kelurahan Gates Nan XX, keberadaan Posdaya Sejahtera II dinilai akan mampu menampung pengajuan pinjaman modal usaha dari masyarakat, yang selama ini belum sempat dilayani oleh Posdaya Sejahtera.

Menurut Latifah, perjalanan Posdaya Sejahtera yang berada di Sungai Barameh itu memiliki cerita yang panjang, dalam memberikan kepedulian terhadap masyarakat, untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Tidak hanya soal Tabur Puja, tapi juga soal sinergi dengan Posyandu, KB, PAUD, dan masyarakat sekitar.

“Jadi, apa yang telah diraih dan diperoleh oleh Posdaya Sejahtera yang sekarang, bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi Posdaya Sejahtera II yang akan beroperasi tersebut,” tutup Latifah.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto: Muhammad Noli Hendra

Komentar