Sukseskan UNBK, PLN Suluttenggo Sediakan Genset Gratis untuk Sekolah

92

SELASA, 4 APRIL 2017

MANADO — Sebagai bentuk dukungan agar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 berjalan sukses tanpa kendala, PLN Wilayah Suluttenggo menyediakan genset sebagai cadangan listrik guna mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik akibat faktor eksternal seperti angin dan cuaca buruk. Pemberian layanan ini dilakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya apa pun bagi tiap sekolah penyelenggara UNBK.

Manajer PLN Area Manado Poltje Mangundap (kedua dari kanan) bersama pihak SMKN 5 usai memantau pelaksanaan UNBK yang di-back up genset PLN.

“Kami dari pihak  PLN berupaya memberikan perhatian khusus terhadap UNBK, semata demi menjaga konsentrasi siswa dalam mengerjakan ujian agar lebih tenang dan nyaman,” ujar Jantje Rau, Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Suluttenggo, Selasa (4/4/2017) di Manado.

Ia juga memohon agar pihak sekolah maupun masyarakat berhati-hati atas adanya oknum atau pihak tertentu yang mengatasnamakan PLN dan meminta sejumlah uang terkait penyediaan genset tersebut.

“Genset cadangan ini hanya sebagai back up bagi pihak sekolah yang mengikuti UNBK dan diberikan secara gratis, kalau ada yang minta bayaran laporkan ke kantor PLN terdekat atau hubungi contact center PLN 123,” pungkas Jantje.

Sementara itu, Manajer PLN Area Manado, Poltje Mangundap, menyatakan, pihaknya juga mendapatkan informasi dari beberapa sekolah, ada yang mengaku menyediakan genset namun harus membayar.

“Kami informasikan kalau hal itu dilakukan oleh pihak swasta dan bukan dari PLN. Sehingga kalau ada yang mengaku dari PLN untuk menyediakan genset dengan memungut bayaran, itu tidak benar dan mohon segera dilaporkan. Memang benar, sudah banyak di Manado tempat penyewaan genset dan mereka menawarkan langsung ke masyarakat  juga pelanggan PLN. Namun kalau dari PLN itu gratis atau tidak dipungunt biaya. Contoh yang kami bantu yaitu di SMKN 5 Paniki yang di-back up dengan genset gratis agar pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, usai memantau pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah mengatakan, agar seluruh siswa yang mengikuti UNBK untuk terus belajar dan fokus pada saat ujian supaya hasil yang didapat kelak memuaskan.

“Soal masalah genset dan listrik itu urusan sekolah dan pihak PLN, tugas siswa fokus mengikuti ujian dan terus belajar jangan pikir yang lain,” tegasnya.

Pantauan Cendana News di sejumlah sekolah, pelaksanaan UNBK hingga hari kedua untuk tingkat SMK masih berjalan dengan lancar. UNBK dimulai pada pukul 08:00 WITA dan berakhir hingga pukul 10:00 WITA. Setiap hari mata pelajaran yang diikutkan ujian satu mata pelajaran dan akan berakhir hingga hari Jumat mendatang.

Jurnalis: Ishak Kusrant / Editor: Satmoko / Foto: Ishak Kusrant

Komentar