Taman Tiga Generasi, Ramah untuk Anak, Dewasa dan Lansia

61

MINGGU, 2 APRIL 2017

BALIKPAPAN — Banyak hal bisa dilakukan untuk mengisi liburan, salah satunya menghabiskan waktu dengan keluarga. Bisa berwisata keluar kota, atau sekedar menikmati kebersamaan di rumah.

Taman Tiga Generasi

Bagi sebagian masyarakat Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengisi libur dengan mengunjungi taman adalah hal yang sering dilakukan. Selain tak mengeluarkan banyak biaya, taman-taman di kota ini juga dilengkapi berbagai fasilitas. Masyarakat bisa berekreasi, berolah raga, maupun menjajal aneka kuliner. Banyak tempat menyediakan fasilitas untuk anak dan orangtua.

Dari sekian banyak taman kota yang gemar dikunjungi adalah Taman Tiga Generasi. Taman rekreasi seluas 1,5 hektare ini berada di Jalan Ruhuy Rahayu. Sesuai namanya, keunikan taman ini adalah fasilitas yang disediakan memenuhi kebutuhan generasi berbeda. Taman ini dibangun dengan tiga zonasi untuk masing-masing generasi.

Menurut salah seorang warga, Galih, taman tiga generasi yang hadir di kawasan Balikpapan Selatan sangat pas untuk berekreasi di tempat terbuka, khususnya di sore hari. Apalagi, taman ini tidak hanya untuk anak muda, namun juga menghadirkan permainan anak, meski permainannya masih dibangun. “Area yang luas untuk bermain anak membuat anak leluasa bermain. Kita tidak perlu takut kalau ada kendaraan, hanya kita mengawasi saja,” katanya.

Bagi para lanjut usia, mereka bisa menghabiskan waktu di Zona A yang menyediakan jalur khusus refleksi, peralatan treadmill sederhana, hingga kandang burung merpati. Setiap sore, meski bukan hari libur, banyak lansia mendatangi zona ini sambil berjalan-jalan di jalur refleksi yang terbuat dari batu kali. Batu-batu itu dibuat dengan pola khusus, sehingga dapat mencapai titik-titik akupunktur apabila dilintasi.

Di Zona B, terdapat fasilitas untuk orang dewasa, seperti gazebo, jalur lari (jogging track), dan lain sebagainya. Bagi anak-anak disediakan Zona C yang terdapat seluncuran, jungkat-jungkit, atau permainan kreatif lainnya. Bagi para anak remaja telah disiapkan spot foto dengan beragam latar.

Pengunjung juga bisa memanjakan lidah dengan berwisata kuliner di taman ini. Para pedagang kaki lima siap memanjakan indera perasa dengan sajian tradisional maupun modern, dengan harga yang ramah di kantong.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ferry Cahyanti

Komentar