Tingkatkan Hasil Pangan, NTB Perbanyak Bangun Bendungan

71

KAMIS, 6 APRIL 2017

MATARAM — Untuk terus mendukung dan meningkatkan hasil produksi dan produktivitas pertanian di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya pangan seperti padi dan jagung melalui ketersediaan sumber daya air yang memadai untuk kebutuhan irigasi pertanian.

Kepala Bappeda NTB, Ridwansyah.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akan terus memperbanyak pembangunan bendungan dan embung penampung air, termasuk merevitalisasi ribuan embung rakyat yang telah ada dan tersebar di seluruh kabupaten wilayah NTB.

“NTB sangat menentukan dalam konteks membangun lumbung ketahanan pangan nasional, karena itulah untuk memastikan produksi gabah bisa tetap meningkat ketersediaan sumber daya air memadai melalui bendungan penampung sangat menentukan,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) NTB, Ridwansyah di Mataram, Kamis (6/4/2017).

Karena itulah Pemda NTB bersama pemerintah pusat telah bersepakat membangun, memperbanyak sumber daya air, termasuk merevitalisasi embung yang sudah ada. Selain melanjutkan pembangunan bendungan yang ada sekarang seperti pembangunan bendungan Bintang Bano di Pulau Sumbawa.

Pada tahun 2018, sesuai arahan Bappenas dan Kemendagri, Pemprov NTB juga akan melakukan pembangunan dua bendungan baru di NTB, yaitu pembangunan bendungan Beringin Sila di Kabupaten Bima dan Meninting di Kabupaten Lombok Utara.

“Dengan adanya fokus pembangunan pertanian, infrastruktur, investasi dan UMKM diharapkan akan ada pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, dimana untuk tahun 2017 sendiri, NTB oleh pemerintah pusat, pertumbuhan ekonominya diharapkan 6,2 persen, kemudian penurunan angka kemiskinan 15 persen,” katanya.

Karena itulah diharapkan fokus bagaimana memantapkan infrastruktur, baik jalan, jembatan, energi dan akses terhadap pendidikan serta kesehatan, menggunakan anggaran pada program yang memang prioritas dan berdampak langsung terhadap masyarakat.

Jurnalis: Turmuzi / Editor: Satmoko / Foto: Turmuzi

Komentar