SELASA, 16 MEI 2017

PADANG --- 13.300 mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) tahun 2017 diharapkan dapat memberdayakan desa dan nagari yang ada di 12 kabupaten dan lima kota di Sumatera Barat.

Gubernur Irwan Prayitno
"Mahasiswa yang ditempatkan ke daerah lokasi KKN yang ditujukan, untuk benar-benar dapat membantu pemberdayaan desa dan nagari yang ada di 12 kabupaten dan lima kota di Sumbar itu," sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, Syafrizal di Padang, Selasa (16/5/2017).

Disebutkan, pemberdayaan yang dilakukan sesuai dengan ilmu yang dipelajari di perguruan tinggi. Jika mahasiswanya seorang mahasiwa pertanian, maka pemberdayaan yang dilakukan tentang pertanian. Ilmu yang dibagi kepada masyarakat itu, tentang tata cara membasmi hama, bercocok tanam yang sesuai dengan musim.

"Begitu juga dengan mahasiswa yang berada di perguruan tinggi islam. Ilmu agama yang dipelajari dapat disampaikan kepada masyarakat, dan hal itu melalui program kerja yang dirancang," sebutnya.

Hal senada juga disampaian Gubernur Sumbar, Irwan Prayitn, KKN merupakan bentuk kematangan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk menyempurnakan ilmu yang didapatkan dibangku perkuliahan secara teori sehingga dipratekkan dan implementasikan ke masyarakat.

Menurutnya, dengan melaksanakan KKN ini turut melatih para mahasiswa untuk merancang program kerja tanpa perlu ada dibimbing oleh orang tua atau pun dosen. Hal itu akan menjadi suatu pengalaman dalam membantu masyarakat melalui program-program yang dirancang tersebut.

Sementara itu Rektor Unand Tafdil Husni mengatakan program KKN PPM tahun ini merupakan mata kuliah wajib. Sehingga, dengan KKN sebagai mata kuliah wajib dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya beradaptasi dengan masyarakat.

"Jadi terjun mahasaiswa ke masyarakat. Dapat berdampak kepada tingkat kemampuan yang dimilikinya. Tidak sekedar teori yang didapatkan namun bisa mempratekkannya di masyarakat," tutupnya.

Mahasiswa peserta KKN PPM 2017
Selain itu, terdapat dua daerah yang tidak ditempatkan mahasiswa KKN PPM nya, yakni Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang dari total 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar. Untuk jadwal pelaksanaan KKN PPM nya itu mulai dari Juni hingga Agustus, seperti Universitas Andalas ada 4.600 mahasiswa yang ikut KKN PPM ini yang dimulai dari 3 Juli - 3 Agustus, dan jadwal di Universitas Andalas berbeda dengan Universitas Bung Hatta yang dimulai 10 Juli hingga 10 Agustus dengan pesertanya 1.820 mahasiwa.

Sepuluh perguruan tinggi negeri dan swasta itu yakni Unand, IAIN Imam Bonjol Padang, IAIN Batu Sangkar, UBH, Universitas Eka Sakti, Univertitas Taman Siswa, ISI Padang Panjang, UMSB, STAI-PIQ dan IAIN Bukittinggi.
Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto: Istimewa
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours