RABU, 17 MEI 2017

BALIKPAPAN --- 20 ribu warga Balikpapan yang telah melakukan perekaman hingga kini belum mendapatkan e-KTP. Hal tersebut dikarenakan jumlah blanko pencetakan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat hanya 10 ribu, sedangkan yang telah melakukan perekaman mencapai 30 ribu.

Perekaman KTP Elektronik
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan, Chairil Anwar menerangkan, 10 ribu blanko pencetakan KTP elektronik untuk kota telah diterima pada 20 April lalu. Proses pencetakan terus berjalan dan kini pencetakan telah mencapai 8 ribu KTP elektronik.

"Blanko KTP elektronik yang dicetak yakni daftar tunggu dari Januari 2016 hingga 7 September 2016, sedangkan sisanya yang telah melakukan perekaman masih masuk daftar tunggu," terangnya, Rabu (17/5/2017).

Dalam pencetakan KTP elektronik dilakukan pada hari kerja dan jam kantor. Dengan daya mampu melakukan pencetakan mesinnya yakni 300 hingga 500 blanko per hari.

"Proses pencetakan kami tidak membutuhkan waktu di luar jam kerja atau menambah waktu di luar kantor, karena dalam per hari sudah dapat mencetak 500 biji. Jumlah yang dicetak juga tidak banyak," ulas Chairil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan Chairil Anwar
Menurutnya, untuk mengakomodir warga yang sudah melakukan perekaman namun belum memperoleh KTP elektronik sebanyak 20 ribu orang, pihaknya mengusulkan lagi blanko pencetakan ke pusat 10 ribu.

"Kami usulkan lagi 10 ribu blanko, pencetakannya secara bertahap karena kita berdasarkan dari jumlah blanko yang diberikan pusat," tandasnya.

Chairil menambahkan proses pelayanan perekaman terus dilakukan khususnya warga yang sudah memasuki usia 17 tahun.
Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours