SELASA, 16 MEI 2017

MALANG --- Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) tingkat Jawa Timur (Jatim) kembali dihelat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Jatim yang sekaligus sebagai ajang seleksi atlet untuk diikutsertakan dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas). 

Aksi para atlet pencak silat
Kurang lebih 14 Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan dalam Pomda yang digelar di beberapa perguruan tinggi yang telah ditunjuk Bapomi sebagai tuan rumah. Salah satunya yakni cabor Pencak Silat yang dihelat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), 15 hingga 17 Mei 2017.

"Pomda Cabor Pencak silat ini diikuti oleh 34 perguruan tinggi negeri dan swasta. Ada dua kategori yang dipertandingkan yakni kategori tanding dan kategori Tunggal, Ganda, Regu (TGR)," sebut Samsul Arief, Delegasi Teknik Provinsi Jatim kepada Cendana News, Selasa (16/5/2017).

Untuk kategori tanding, 15 kelas putra dan putri, sedangkan kategori TGR untuk POMDA yang dilombakan hanya tunggal putra putri. Disebutkan, ketegori TGR tunggal perorangan memainkan jurus wajib, 14 jurus 100 gerakan. Ganda, diperagakan dua orang memainkan gerakan yang di ciptakan pelatihnya sendiri dan Regu dilakukan tiga orang yang memainkan jurus wajib, 12 jurus 100 gerakan, terangnya.

Menurut Samsul Arief, juara-juara Pomda dari Jawa Timur dari berbagai Cabor, memiliki peluang besar menjadi duta Bapomi Jawa Timur yang akan di kirim untuk even Pomnas Makasar pada Oktober mendatang. Kemudian, juara-juara di Pomnas Makasar nantinya juga menjadi wakil mahasiswa Indonesia dalam even POM Asean.

"Namun begitu nanti semuanya bergantung pada kebijakan Bapomi. Kalau melalui Puslatda terlebih dulu, berarti juara POMDA tidak otomatis lolos ke POMNAS," imbuhnya.

Samsul Arief
Lebih lanjut Samsul juga mengatakan bahwa Jawa Timur adalah salah satu peta kekuatan Pencak silat di Indonesia selain DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Hampir di setiap ajang yang mempertandingkan cabor pencak silat, Jawa Timur selalu mendapatkan medali emas. Seperti di ajang Popda dan Pomnas termasuk di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) cabor Pencak silat menjadi salah satu lumbung emas bagi Jawa Timur," akunya

Sementara itu, Hendra salah satu suporter dari UMM sangat berharap atlet pencak silat dari kampusnyalah yang bisa mewakili Jatim di Pomnas.

"Kami sangat berharap atlit pencak silat UMM bisa menjadi juara di Pomda sehingga memiliki peluang besar mewakili Jatim di ajang Pomnas," ungkapnya.
Jurnalis : Agus Nurchaliq / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Agus Nurchaliq
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours