APBD DKI Baru Terserap 12 Persen

0
15

SELASA, 16 MEI 2017

JAKARTA — Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta Tahun Anggaran (TA) 2017 hingga awal bulan Mei ini baru terserap sebesar 12 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan, pencapaian itu lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 14 persen. Meskipun demikian, Djarot mengaku pihaknya optimistis, hingga akhir tahun anggaran nantinya, serapan APBD DKI Jakarta bisa mencapai 86 persen.

“Saya sudah meminta ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk meningkatkan kinerjanya. Sebab, penyerapan anggaran kita juga belum maksimal,” ujar Djarot, Selasa (16/5/2017).

Menurut Djarot, agar penyerapan bisa maksimal jajaran SKPD juga harus disiplin menginput barang langsung maupun tidak langsung yang sudah dibayarkan.

“Kalau sudah ada pembayaran langsung saja diinput supaya angkanya naik. Saya optimis penyerapan tahun ini bisa mencapai 86 persen,” tambahnya.

Nilai APBDP Diperkirakan Naik Rp2 Triliun
Djarot memperkirakan nilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017 mencapai Rp72 triliun atau naik Rp2 triliun dari APBD penetapan Rp70,19 triliun.

Djarot mengaku, perhitungan itu didapatkan setelah mendapat laporan Kepala Bappeda DKI Jakarta, Tuty Kusumawati. Di laporan  itu ada tambahan nilai APBD-P 2017 sebesar Rp2 triliun yang berasal dari Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) tahun anggaran 2016. Silpa tersebut kemudian dimasukkan dalam APBD-P 2017.

“Kalau estimasi nilai APBD Perubahan 2017 ini sekitar Rp72 triliun. Karena ada kelebihan Silpa yang kami akan masukkan kembali,” ujar Djarot

Kendati demikian, ia menegaskan, tambahan nilai anggaran tersebut hanya sekadar estimasi. Nilai pasti penambahan anggaran tersebut baru muncul setelah ada pembahasan bersama dengan DPRD DKI.

“Bisa saja nilanya lebih tinggi atau lebih rendah. Tergantung dari usulan SKPD dan pembahasan nantinya,” terangnya.

Jurnalis: Bayu A. Mandreana / Editor: Satmoko / Foto: Bayu A. Mandreana

Source: CendanaNews

Komentar