BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Pentingnya Perlindungan Bagi Tenaga Honor dan Kontrak

0
21

RABU, 17 MEI 2017

JAYAPURA — Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kota Jayapura, Sahuri Oktavino Siregar menyebutkan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sangat penting untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi tenaga kontrak atau honor Aparatur Sipil Negara (ASN) di Papua, secara khusus di Kota Jayapura.

Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kota Jayapura Sahuri Oktavino Siregar

Menurutnya, keikutsertaan pekerja di lingkungan pemerintah daerah sangatlah penting dan hal ini juga sudah diwajibkan oleh pemerintah daerah setempat dengan adanya MoU antara pemerintah Kota Jayapura dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami akan melindugi mereka, dan kami akan melaporkan para pekerja tersebut kepada OPD terkait, supaya bisa dianggarkan pada APBD Provinsi Papua atau APBN untuk dapat diberikan perlindungan dari program yang ada di BPJS ini,” kata Sahuri Oktavino Siregar, Rabu (17/5/2017).

Untuk merealisaikan target BPJS, lanjutnya, sampai pada saat ini telah terealisasi 50 persen lebih dari target triwulan pertama. Dan ia berharap ke depannya akan selalu dilakukan berbagai upaya pendekatan daripada pihak External maupun pemerintah daerah yang ada di Papua.

“BPJS ketenagakerjaan telah menetapkan target selama  periode satu tahun, maka kami akan mengupayakannya, akan tetapi kami juga perlu adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi, Kota, maupun Kabupaten,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Oktavino, pihaknya telah melakukan Mou dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura, PTSP dan lainnya. Nantinya, akan melakukan kerja sama mengenai izin usaha dan pengurusan izin baru agar dapat didaftarkan ke BPJS ketenagakerjaan guna melindungi para pekerja pada bidang sektor formal maupun informal.

“Kami mengupayakan pendekatan kepada Pemda, yang nantinya bisa mencakup para petugas kebersihan di kota. Ke depan kami juga akan melakukan sosialiasi di Kabupaten yang ada,” tuturnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jayapura, Adventus Edison Souhuwat

Di tempat yang sama, Kasubag Umum dan kepegawaian Satpol PP  Provinsi Papua, Omri Rumbino berterima kasih atas kerja sama yang telah dilakukan BPJS ketenagakerjaan dengan memberikan upaya perlindungan anggotanya dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

“Kami disini mempunyai  tenaga honor dan kontrak sebanyak 500 orang, semuanya itu wajib kami ikutsertakan untuk ikut BPJS dan ke depannya kami akan bekerjasama dengan BPJS lagi untuk melakukan sosialisasikan di Kabupaten, Kota. Karena disana lebih banyak lagi tenaga kontraknya,” kata Omri.

Sekedar diketahui, BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan sosialisasi  di aula pertemuan kantor Satpol PP  Kota Jayapura yang merupakan OPD, guna melakukan koordinasi tentang pentingnya pelindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi tenaga kerja ditempat tersebut.

Jurnalis : Indrayadi T Hatta / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Indrayadi T Hatta

Source: CendanaNews

Komentar