Cuaca Bagus Hasil Panen Petani Terung di Lombok Melimpah

0
22

MINGGU, 7 MEI 2017

LOMBOK — Kondisi cuaca yang cukup bagus membuat pertumbuhan dan hasil panen petani sayuran terung di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat bagus, dengan hasil melimpah.

Kurniawan, seorang petani terung.

 “Alhamdulillah hasil panen sayuran terung tahun ini cukup baik, baik dari sisi kuantitas maupun harga jual di pasaran” kata Kurniawan petani sayuran terung Desa Kopang, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Minggu (7/5/2017).

Dikatakan dari sisi kualitas buah juga cukup bagus, besar dan seger, jarang ada yang terkena penyakit. Untuk harga sendiri juga tidak terlalu mengecewakan, dengan kisaran  5.000 sampai 10.000 ribu per kilo.

Sementara kalau dijual eceran, harga buah terung di pasaran, kalau yang buahnya besar bisa sampai 1.500 per biji, apalagi jelang bulan puasa sekarang ini harga jual di pasaran biasanya naik, termasuk jenis sayuran lain.

“Mudahan saja kondisi cuaca bisa tetap bagus, supaya hasil dan kualitas sayuran terung bisa tetap bagus, mengingat masa panen baru hanya berlangsung dua sampai tiga kali” harapnya.

Murti, pedagang sayuran eceran Desa Banyu Urip, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) membenarkan, harga sayuran terung sekarang bisa dibilang mahal, pasalnya kalau harga sedang murah satu kilo harganya berkisar antara Rp3.000 sampai 2.500 per kilo.

Sayuran terung sendiri, selain banyak dijual di pasar tradisional untuk kebutuhan konsumsi sayuran rumah tangga, juga banyak disajikan di rumah makan atau penjual nasi goreng sebagai lalapan tambahan.

Jurnalis: Turmuzi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Turmuzi
Source: CendanaNews

Komentar