Distributor Gula Tambah Stok Jelang Ramadhan

34

SELASA, 9 MEI 2017
BANJARMASIN — Pelaku distributor gula di Kota Banjarmasin mulai menambah stok kebutuhan gula kristal putih menjelang bulan suci dan pasar murah yang rutin digelar ketika Ramadhan. Salah satu pelaku distributor gula di Kota Banjarmasin, H Aftahuddin, mengatakan, selama Ramadhan tahun 2017 bakal menyiapkan 12.500 ton untuk memenuhi kegiatan pasar murah yang tersebar di Kalimantan Selatan.

Aftahuddin, pedagang gula kristal putih di Banjarmasin.

“Gula ini biasanya saat even pasar murah di Kalsel pasti tak pernah ketinggalan untuk dijual. Karena itulah kami sudah bersiap dalam hal stok mulai dari sekarang,” ujar Aftahuddin saat ditemui wartawan, Selasa (9/5/2017).

Alhasil, Aftahuddin pun menambah tenaga lepas untuk membungkusi paketan gula sebelum masuk bulan suci. Ia menjamin bakal melego gula seharga Rp12.000 per kilogram asalkan distribusinya tidak terganggu. Harga tersebut tentunya sudah cukup kompetitif bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang biasanya saat Ramadhan konsumsi naik mencapai 30 persen ketimbang hari biasa.

“Saat Ramadhan kami pelaku distributor selalu berusaha menyediakan harga kebutuhan pokok jenis gula dengan lebih kompetitif harganya. Walaupun memang di satu sisi keuntungan yang kami peroleh menjadi berkurang,” demikian ia berkata.

Terkait permintaan komoditas gula untuk even pasar murah saat momen Ramadhan di tahun 2017, Aftahuddin mengaku, sudah banyak pihak pemerintah daerah dan swasta yang melakukan pemesanan.

Menurut Aftahuddin, ada kecenderungan pemesanan gula turun sebesar 50 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Daya beli masyarakat sedang rendah sekarang, jadi banyak perusahaan swasta yang memilih bertahan untuk tidak melakukan aktivitas pasar murah saat Ramadhan,” tukasnya.

Jurnalis: Diananta P. Sumedi / Editor: Satmoko / Foto: Diananta P. Sumedi

Source: CendanaNews

Komentar