JUMAT, 12 MEI 2017

MAUMERE --- Orang tua yang ada di kabupaten Sikka hendaknya menjadi pelopor pendidikan dalam keluarga dan tidak hanya menggantungkan kepada pihak sekolah saja. 

Peserta dialog pendidikan di aula Kantor Camat Waigete
"Jadi peran orang tua membentuk karakter anak sangat peting dan itu harus dimulai dari keluarga dan dilakukan sejak usia dini,sehingga jangan hanya melepas tanggung jawab itu ke pihak sekolah," sebut Stef Sumandi, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sikka dalam dialog pendidikan di aula Kantor Camat Waigete, Jumat (12/5/2017).

bukan  sebab saat ini peran orang tua sudah mulai berkurang dengan membiarkan anak yang sudah bersekolah dibina dan dididik pihak sekolah saja.

Banyak anak yang putus sekolah akibat keluarga yang lepas tangan dan masa bodoh dengan pendidikan. Hal tersebut lebih dikarenakan anak merasa tidak diperhatikan dan bertindak sesuka hati bahkan membangkang orang tuanya.

"Pendidikan adalah hak setiap warga negara namun karena banyak yang tidak bersekolah makanya pemerintah membuat wajib belajar 12 tahun. Padahal pendidikan itu bukan kewajiban tetapi hak. Bilakewjiban saja tidak dipatuhi maka siapa yang harus disalahkan," sebutnya.

Stef Sumandi, Wakil Ketua Komisi III DPRD Sikka
Hal senada juga disampaikan Rafael Raga, Ketua DPRD Sikka. Pendidikan bukan saja melahirkan kecerdasan intelektual tetapi kecerdasan spiritual, emosional dan kecerdasan sosial yang mana semua itu juga menjadi bagian dari keluarga untuk menghasilkannya.

Rafael menegaskan, harus ada langkah berani untuk memulainya sebab pasti ada yang mendukung dan untuk itu perlu ada persamaan persepsi di masyarakat bahwa mendidik itu bukan hanya tugas sekolah saja tapi yang terutama menjadi tugas keluarga.

"Menghasilkan seorang manusia yang memiliki empat kecerdasan ini merupakan sebuah tugas berat dan harus dipahami bahwa semua kita harus ambil bagian di dalamnya dan jangan ada saling membiarkan serta melempar tanggung jawab," pungkasnya.
Jurnalis : Ebed de Rosary / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ebed de Rosary
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours