Gabpeknas Kini Hadir di Papua

56

SELASA, 16 MEI 2017
 
JAYAPURA — Gabungan Pengusaha Kontraktor Nasional (Gabpeknas) telah memiliki 19 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dari 28 kabupaten dan satu kota se-Provinsi Papua. Gabpeknas hadir untuk menjadi mitra pemerintah daerah di Papua.

Sekretaris Umum (Sekum) Gabpeknas Diben Elaby (tengah).

Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Umum (Sekum) Gabpeknas Diben Elaby saat ditemui sejumlah jurnalis pada salah satu hotel berbintang di Kota Jayapura. Menurut Diben, sebelumnya hanya ada 14 DPC Gabpeknas, tapi setelah dilantiknya 5 DPC, Senin (15/5/2017) jadi bertambah lagi menjadi 19 DPC.

“Yang baru dilantik dari wilayah Tabi masing-masing Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan satu lagi DPC Mimika,” kata Diben Elaby, Selasa (16/5/2017).

Dikatakan Diben, tingkat kebutuhan pembangunan mulai dari nasional hingga ke daerah tak terserap baik, karena faktor administrasi banyak pengusaha alami masalah dan penyerapan anggaran di kabupaten/kota serta provinsi tak maksimal.

“Kenapa begitu? Karena kontraktornya itu-itu terus. Sedangkan pekerjaan banyak, ada beberapa kontraktor yang tak bisa ikut tender, karena mereka tak punya administrasi yang lengkap. Ini kan masalah,” tuturnya.

Diketahui bahwa pemerintah pusat mewajibkan untuk semua lelang atau tender proyek, dikatakan Diben harus melalui sistem elektronik dan hal itu adalah tantangan bagi pengusaha-pengusaha daerah di provinsi Papua.

“Harapan kami, adanya Gabpeknas ini dapat membantu memproses, mempercepat, memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU). Tentu kami akan terbitkan SBU untuk digunakan kontraktor agar dapat ikut tender nasional, karena kita punya peluang untuk itu,” kata Diben.

Pihaknya mengaku memiliki tenaga ahli  teknis dan admnistrasi profesional, nantinya akan dilakukan pelatihan-pelatihan kepada pengusaha-pengusaha asli Papua. Untuk menuju ke arah tersebut, pihaknya akan melakukan rapat kerja daerah (Rakerda) yang diwakili sekretaris-sekretaris dari tiap daerah.

“Agar mereka memahami proses administrasi dan memang merekalah yang nantinya up date data di setiap tingkat kabupaten dan kota,” tuturnya.

Ditegaskannya kembali bahwa Gabpeknas adalah wadah profesi di bidang kontraktor. Dalam perekrutan ini, kontraktor daerah bersatu dalam asosiasi  kontraktor untuk membangun kebersamaan.

Pelantikan 5 DPC oleh Gabpeknas Papua.

“Asosiasi ini supaya kita dapat bekerja bukan hanya di kabupaten atau Papua tetapi secara nasional. Ini bagaimana kita memberi peluang untuk memperkuat SDM di Papua. Kontraktor punya peran penting dalam pembangunan di kota dan kabupaten di Papua,” ucapnya.

Sekadar diketahui, Gabpeknas Provinsi Papua telah melantik 4 kabupaten dan satu kota, Senin (15/5/2017) malam, masing-masing untuk Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Mimika dan Kota Jayapura yang telah diambil sumpah dan janji sesuai dengan aturan dari Gabpeknas.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta / Editor: Satmoko / Foto: Indrayadi T Hatta

Source: CendanaNews

Komentar