Harga Ayam Potong di Yogyakarta Mulai Merangkak Naik

0
17

MINGGU, 14 MEI 2017
YOGYAKARTA — Sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional kota Yogyakarta mulai merangkak naik menjelang memasuki bulan puasa akhir pekan ini. Harga sejumlah kebutuhan pokok seperti daging ayam potong terpantau mengalami kenaikan. 

Pedagang ayam potong di Pasar Tradisional Yogyakarta.

 Meski tidak terlalu signifikan, namun sejumlah perdagang mengaku khawatir kenaikan ini akan terus terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

Salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Induk Beringharjo Yogyakarta, Agus, menuturkan harga ayam potong saat ini mencapai Rp32r ibu per kilogramnya. Harga itu mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp28 ribu per kilogram hanya dalam waktu satu minggu terakhir.

“Seminggu lalu per kilo masih Rp28 ribu kilogram. Dua hari lalu naik menjadi Rp30 ribu per kilogram. Sekarang sudah naik lagi jadi Rp32 ribu per kilogram,” ujarnya Minggu (14/05/2017).

Menurut Agus kenaikan harga ayam potong itu terjadi seiring semakin meningkatnya permintaan ayam potong menjelang bulan puasa ini yang mencapai sekitar 30 persen. Jika biasanya ia biasa menjual ayam potong, sebanyak 100 kilogram per hari, kini ia mempu menjual hingga 130 kilogram per hari.

“Karena permintaan meningkat maka harga ayam hidup juga ikut naik. Otomatis harga daging juga ikut naik,” ujarnya.

Agus sendiri berharap agar harga daging ayam ke depan tetap stabil dan tak kembali mengalami kenaikan. Meskipun berdasarkan pengalaman hal itu agak sulit, karena setiap memasuki bulan puasa dan lebaran harga daging pasti selalu naik.

“Biadanya saat awal puasa akan naik. Lalu pertengahan puasa mulai turun dan kembali naik lagi pada saat menjelang hari raya idul fitri,”  katanya.

Sementara itu, untuk harga daging sapi maupun kambing sendiri terpantau masih stabil. Salah seorang pedagang daging Pasar Beringharjo, Winarsih, menurutkan harga daging sapi saat ini stabil di kisaran Rp110-120 ribu per kilogramnya. Sementara untuk daging kambing juga stabil di kisaran Rp100-105 ribu per kilogram.

 “Untuk daging sapi maupun kambing masih stabil. Mudah-mudahan ini bisa terus berlangsung sampai lebaran nanti,”  katanya.

Pada komoditas lainnya, harga sayuran sendiri diketaui masih relatif stabil. Salah satu jenis sayuran yang masih berada di level penjualan tertinggi adalah bawang putih yang mencapai Rp60 ribu per kilogram.

Menurut salah seorang pedagang sayuran, Sigit, harga bawang putih yang sangat tinggi itu sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir. Biasanya harga bawang normal hanya berkisar Rp10-15 ribu per kilogram.

“Untuk bawang merah relatif normal, yakni berkisar Rp20-30 ribu per kilogram. Begitu juga cabai yang berkisar Rp30-40 ribu per kilogram,” jelasnya.

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Jatmika H Kusmargana
Source: CendanaNews

Komentar