SABTU, 20 MEI 2017
BALIKPAPAN --- Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momentum untuk kembali memiliki persatuan dan kesatuan. Kebangkitan nasional memiliki makna yang penting dalam menjaga kebhinekaan.

Dandim 0905 Balikpapan Letkol Infantri Hendri Wijaya
 Dandim 0905 Balikpapan Letkol Infantri Hendri Wijaya menjelaskan dalam menjaga persatuan dan kesatuan di kota Balikpapan adalah terus melakukan pembinaan sejumlah elemen masyarakat.

"Di momen hari kebangkitan nasional, saya rasa perlu kembali membangkitkan persatuan dan kesatuan. Menjaga rasa kebhinekaan itu tetap utuh, dan kita belakangkan kepentingan kelompok yang tidak mencerminkan kebangsaan," ungkapnya kepada Cendana News dalam acara Penanaman Pohon di Balikpapan, Sabtu (20/5/2017).

Ia menilai saat ini warga Balikpapan memiliki dan menjaga persatuan dan kesatuan yang utuh. Hal itu terlihat hadirnya paguyuban dari berbagai suku, yang sudah menjaga nilai-nilai persatuan.

"Untuk kota Balikpapan nilai persatuan dan kesatuan sudah terjaga dengan baik. Namun perlu dijaga terus sehingga kita harus terus support agar tidak terpengaruh," katanya.

Untuk menjaga persatuan dan kesatuan tersebut, lanjut Hendri menjaga komunikasi dengan forum lintas umat beragama maupun kelompok agar tidak terjadi kesenjangan.

Sedangkan untuk tingkat sekolah bagaimana menanamkan nasionalisme kebangsaan, pihaknya masuk ke sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka.

"Berbagai upaya terus kami lakukan, karena menjadi tugas kita untu menjaga persatuan dan kesatuan," tutupnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours