SABTU, 20 MEI 2017

PADANG --- Dari Sabang sampai Merauke, banyak harapan yang ditupangkan ke tanah air in, agar menjadi negara yang damai bersatu dan berdaulat. Tak terkecuali bagi Jaringan Peduli Perempuan Sumatera Barat, pada momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2017 ini, pecegahan intimidasi menjadi tuntutan bagi para perempuan di Sumatera Barat. 

Aksi perempuan di Sumbar tentang pencegahan intimidasi.
Menurut Koordinator Jaringan Peduli Perempuan Sumatera Barat, Yefri Heriani tidak hanya soal kebhinekaan yang menjadi harapan bangsa ini, tapi intimidasi yang ramai dialami oleh perempuan. Hal ini perlu untuk dicegah, agar ketimpangan di dalam bermasyarakat tidak membuat perempuan yang menjadi korbannya.

"Perempuan itu bukan untuk dikasari, tetapi perempuan itu butuh disayangi dan diperlakukan dengan baik, karena perempuan itu adalah ibu, dan seorang ibu harus dihormati," ucapnya, Sabtu malam, (20/5/2017).

Bukti, masih tingginya intimidasi yang dialami perempuan, sepanjang 2016 lalu, angka kekerasan berbasis gender mancapai 104 kasus. Jumlah tersebut naik 23 kasus dibanding tahun sebelumnya.

Menurutnya, jika perempuan terus terusan mengalami intidimidai itu, dan tidak adanya langkah yang serius dari pemerintah, maka kedamaian dan ketentraman suatu negara itu perlu dipertanyakan. Untuk itu, momen Harkitnas 2017, perempuan menuntut untuk diperlakukan dengan baik dan sesuai dengam kodrat sebagai seorang manusia.

Sementara itu, seorang ibu di Kota Padang, Marlina mengatakan, aksi kriminalitas banyak dialami oleh perempuan yang merupakan korban dari aksi tersebut. Kebhinekaan itu, harus benar-benar ditegakan, agar perbedaan tak menjadi inti permasalahan di negeri ini, seperti perbedaan suku, ras, agama, dan juga gender.

"Saya memohon sangat kepada pemerintah, lakukanlah suatu cara atau langkah, agar kekerasan itu tak menjadikan perempuan sebagai sasarannya," harapnya.

Jurnalis: Muhammad Noli Hendra/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Muhammad Noli Hendra
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours