SELASA, 16 MEI 2017

BALIKPAPAN --- Tim verifikasi PT Liga Indonesia Baru (LIB) melakukan verifikasi Stadion Batakan Balikpapan sebelum stadion digunakan. Verifikasi stadion dimulai pukul 14.00-16.00 WITA (16/5/2017) dan dilanjutkan malam hari untuk verifikasi lampu stadion.
Tim PT Liga Indonesia Baru melakukan verifikasi Stadion Batakan Balikpapan.
Dalam verifikasi terdapat 16 item yang diperiksa oleh Departemen Kompetisi PT Liga Indonesia Baru. Setelah melakukan verifikasi disebutkan bahwa jalan masuk atau akses ke stadion jadi perhatian khusus tim.

"Akses jalan menjadi perhatian serius kita, bagaimana orang mau keluar masuk kalau akses belum selesai. Kalau hasil verifikasi belum bisa lolos stadion ini," ungkap Departemen Kompetisi PT LIB Somad usai verifikasi didampingi tim Persiba, Selasa sore (16/5/2017).

Ia menjelaskan, akses jalan menjadi hal utama karena jalan masuk merupakan akses yang penting untuk keluar masuk bus dan penonton. "Jangan sampai terganggu bus dan penonton, krusial itu," tegasnya.

Menurut Somad, verifikasi yang berlangsung hari ini (16/5) bukan hanya untuk level liga I namun juga AFC sehingga diperlukan kursi sekitar 3000-4000 di tribun barat. "Kalau tidak ada kursi nggak bisa untuk AFC, tapi untuk liga secara umum nggak ada nggak apa-apa," tandas Somad.

Dia menyebutkan, stadion ini belum lolos verifikasi karena masih ada beberapa bagian yang belum selesai.

16 item yang diperiksa yakni harus ada pengelola stadion, sertifikasi stadion dari PU, lapangan, perawatan lapangan, jaring gawang, banch, tunel, scoring board, lampu penerangan, ruang pengganti hanya tinggal fasilitas pelengkap, ruang wasit, ruang mess komisioner, ruang medis juga hanya fasilitas penunjang, sekretariat umum, dan ruang kontrol sudah dipenuhi syaratnya.

"Secara umum stadion, baru ketemu stadion konsep sepakbola tidak ada lintasan atlet. Standar bisa dicapai kalau seluruh aspek terpenuhi," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Yusri Ramli mengatakan, akan menuntaskan jalan masuk yang dialokasi pada APBD Perubahan 2017 sebesar Rp10 miliar.
Pengecekan akses lapangan.
"Akses jalan masuk sudah cukup tapi perlu disempurnakan lagi dan masih butuh Rp30 miliar dalam perencanaan," bebernya.

Ia menambahkan dengan adanya verifikasi PT LIB sangat terbantu karena dalam pembangunan bisa koreksi sebelum stadion digunakan.
Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours