Kementan: Petani dan Peternak Harus Manfaatkan Perkembangan Teknologi

0
17

RABU, 17 MEI 2017

SURABAYA — Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita menyebutkan, petani dan peternak harus memanfaatkan teknologi yang berkembang. Jika mereka tetap menggunakan alat konvensional dengan fitur terbatas, maka akan terjadi penurunan dan tenggelam ditelan zaman.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, memukul gong sebagai tanda dimulainya Indo Livestock 2017 Expo & Forum

“Harus berubah, semua harus memanfaatkan teknologi terbaru,” sebutnya saat membuka ‘Indo Livestock 2017 Expo & Forum’ di Surabaya, Rabu (17/5/2017). Pameran tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari hingga tanggal 19 Mei 2017 mendatang.

Dijelaskan, kalau petani atau peternak tidak mau berubah, justru akan tergulung oleh arus kemajuan teknologi yang ada. Selain itu dengan adanya teknologi, diharapkan mampu mendorong target dalam negeri.

“Di antaranya adalah meningkatkan program pembibitan dan memasukkan indukan sapi agar populasi sapi di dalam negeri bisa meningkat,” lanjutnya.

I Ketut Diarmita saat mengunjungi stan peserta

Sementara itu, Corporate Communications Napindo selaku penyelenggara, Ika Angelia mengatakan, bahwa acara ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah dan menghadirkan ratusan pelaku industri peternakan di seluruh dunia. Sedikitnya ada 300 perusahaan dari 30 negara yang berpartisipasi.

“Seluruh peserta yang ada kami bagi menjadi enam paviliun yaitu Indonesia, Tiongkok, Taiwan, Turki, Korea Selatan dan Eropa dan Amerika. Tujuannya sendiri agar para pelaku bisnis, ahli, peternak, pengelola pakan, distributor dan semua pihak yang bergerak di bidang peternakan dapat bertemu untuk saling berbagi ilmu dan memperkenalkan produk baru yang berteknologi canggih,” jelas Ika.

Ika menambahkan dalam pameran ini turut dihadirkan seminar dan pengenalan produk oleh pelaku terkait sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi. Di sisi lain, pihak penyelenggara juga turut melakukan kampanye guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi gizi melalui protein hewani dari berbagai bahan pangan, seperti susu, daging, telur dan ikan.

Jurnalis: Afif Linofian / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto: Afif Linofian

Source: CendanaNews

Komentar