JUMAT, 5 MEI 2017
 
BALIKPAPAN --- Setelah melakukan inspeksi mendadak ke ritel modern atau supermarket besar di Balikpapan hari ini (5/5), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pastikan harga yang tertera pada komoditi yang telah ditetapkan sudah sesuai kebijakan pemerintah. Pasalnya, Kementerian Perdagangan (Kemdag) menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk tiga komoditas berlaku.
KPPU Perwakilan Balikpapan bersama TPID sidak supermarket besar di Balikpapan.
Tiga komoditas tersebut antara lain gula pasir, minyak goreng, dan daging beku. Penetapan HET tersebut berlaku untuk pasar ritel modern di seluruh Indonesia.

HET gula pasir ditetapkan Rp12.500 per kilogram, minyak goreng Rp11.000 per liter, dan daging kerbau beku maksimal Rp80.000 per kg.

"Setelah dipantau ke pasar ritel modern, mereka menjual sesuai dengan HET yang ditetapkan," kata Ketua KPPU Perwakilan Balikpapan, Ahmad Muhari, usai sidak ke pasar modern di Balikpapan, Jumat (5/5/2017).

Menurut Ahmad, harga yang tertera di supermarket yakni untuk daging beku Rp80 ribu per kilogram, minyak goreng Rp11 ribu per liter dan gula pasir Rp12.500. "Di sini sudah sesuai ya dan memenuhi aturan pemerintah dengan menjual harga yang dipatok," tandasnya.

Diakui Ahmad, harga yang ditawarkan lebih murah dari pasar tradisional. Namun terkait harga akan menjadi pilihan masyarakat atau konsumen dalam memilih untuk berbelanja.

"Perbedaan harga jadi pilihan konsumen. Yang pasti antisipasi kenaikan harga tinggi, pemerintah sudah keluarkan kebijakan," bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Store Manager Transmart Balikpapan, Andi Muhammad Basri, mengungkapkan, harga yang tertera di komoditi sudah sesuai dengan kebijakan pemerintah.

"Stok yang disediakan sampai Lebaran cukup, kalau kurang akan ditambah. Gula pasir persediaannya 10 kali lipat dari bulan sebelumnya," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan ikut dalam operasi pasar yang akan digelar Dinas Perdagangan Balikpapan dalam waktu dekat.
Jurnalis: Ferry Cahyanti / Editor: Satmoko / Foto: Ferry Cahyanti
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours