SABTU, 20 MEI 2017

MAUMERE --- Saat memasuki usia lanjut setiap orang harus mulai melakukan aktivitas yang harus selalu membuat tubuh tetap bugar, mulai rutin menkonsumsi makanan yang sehat dan pantang terhadap makanan dan minuman yang bisa menyebabkan penyakit.

Para Lansia yang sedang mengikuti senam di pantai Sea World hotel Maumere.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dr.Maria Bernadina Sada Nenu,MPH saat acara bersama para lansia yang tergabung dalam Program Kegiatan Penyakit Kronis (Prolanis) Sabtu (20/5/2017) di Pantai Sea World Hotel Maumere.

Dikatakan Maria, para lansia harus mulai menjaga kesehatan dengan melakukan tiga hal yakni selalu melakukan aktivitas fisik,makan banyak sayur dan buah serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

"Tiga hal ini penting agar setiap kita yang sudah lanjut usia bisa tetap sehat dan bugar sehingga bisa menjalani hidup dengan baik," ungkapnya.

Andriana Epi (69) dan Maria Timu (71) dan asal desa Habi kecamatan Kangae saat ditemui Cendana News usai kegiatan senam kesehatan mengaku sangat senang bisa bergabung bersama rekan-rekan lansia di Kabupaten Sikka.

Para lansia yang hadir dalam kegiatan sosialisasi penyakit Osteoporosis oleh dr.Angela Merici,SpPD.
Senam kesehatan kata Andriana, memang selama ini sering mereka ketahui namun tidak mengetahui secata detil mengenai gerakan senam yang bisa bermanfaat bagi anggota tubuh tertentu seperti persendian.

"Dengan adanya senam kesehatan yang diajarkan kami jadi mengetahui sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah," sebut Andriana.

Dokter Angela Merici dokter spesialis penyakit dalam di RSUD TC Hillers Maumere kepada Cendana News di lokasi kegiatan mengatakan, secara umum senam yang dilakukan dinamakan senam rematik atau senam osteoporosis.

"Senam yang dilakukan berguna untuk penguatan sendi sebab di Kabupaten Sikka sendiri satu dari tiga lansia selalu menderita osteoporosis," jelasnya.

Saat memasuki usia lanjut tambah Angela orang akan rentan terkena berbagai penyakit seperti osteoporosis,rematik dan asam urat yang banyak diderita pasien yang berobat di puskesmas di 21 kecamatan  maupun rumah sakit di Maumere.

Disaksikan Cendana News, para lansia terlihat bersemangat mengikuti senam kesegaran jasmani di pinggir pantai di atas pasir putih serta senam rematik bahkan ada beberapa lansia mengenakan sarung tenun ikat.

Para lansia yang berasal dari berbagai kelompok lansia di beberapa puskesmas yang ada di kecamatan di wilayah Kabupaten Sikka yang hadir dalam kegiatan lebih banyak didominasi kaum perempuan.

Hadir dalam kesempatan ini kepala dinas Kesehatan kabupaten Sikka dr.Maria Bernadina Sada Nenu,MPH kepala kantor  cabang BPJS Kesehatan Maumere dr.Hindro Kusumo,MSi, Sekertaris Dinas Kesehatan Sikka Dedy Benyamin, para dokter serta staf dinas Kesehatan Sikka dan Staf BPJS Kesehatan Cabang Maumere.

 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dr.Maria Bernadina Sada Nenu,MPH.
 Jurnalis: Ebed de Rosary/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Ebed de Rosary
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours