RABU, 17 MEI 2017

JAKARTA --- Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia bersama Kejaksaan Agung Republik Indonesia, telah mencapai kata sepakat dalam menjalin kerjasama, sekaligus berkoordinasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi, terutama dalam penanganan permasalahan hukum.
Jaksa Agung RI, H.M. Prasetyo (kiri) dan Mendag RI, Enggartiasto Lukita  (kanan)
Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama dan Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi dalam Penanganan Permasalahan Hukum. Penandatangan dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Jaksa Agung, H.M. Prasetyo, di Gedung Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais Nomor 5, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017), malam.

Enggartiasto menjelaskan, dengan adanya penandatangan MoU tersebut, ke depan diharapkan dapat menghasilkan sinergi positif, khususnya antara Kemendag dengan Kejaksaan Agung, dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi dalam permasalahan di bidang hukum.

"Pada intinya kami tidak mau salah dalam mengambil langkah maupun kebijakan, baik saat ini maupun saat yang akan datang, harapannya adalah agar terhindar dari kriminalisasi atas kegiatan atau kebijakan yang telah dan yang akan dilaksanakan, sehingga kerjasama dengan Kejagung dalam bidang penegakkan hukum tersebut sangat penting" kata Enggartiasto.

Enggartiasto juga menambahkan, proses penegakkan hukum khususnya dalam bidang perdagangan bukanlah sebuah permasalahan yang mudah untuk ditangani, karena sifatnya memiliki sensitivitas dan kompleksitasnya yang tinggi. Karena itu, dengan adanya penandatangan nota kesepahaman (MoU) tersebut, ke depan diharapkan akan menjadi pedoman bagi Kementerian Perdagangan dengan Kejaksaan Agung dalam mengoptimalkan kerjasama dan koordinasi.
Jurnalis: Eko Sulestyono/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Eko Sulestyono
Bagikan:

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours