Mendag dan Mentan Bahas Seputar Pangan dengan Menko Perekonomian

46

KAMIS, 18 MEI 2017

JAKARTA — Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman telah usai menggelar pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution.

Andi Amran Sulaeman (kiri) dan Enggartiasto Lukita.

Pertemuan dan juga rapat koordinasi yang dilakukan tiga menteri tersebut berlangsung di Gedung Ali Wardhana, Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis siang (18/5/2017). Pertemuan tersebut berlangsung selama 2 jam dan berakhir sebelum tiba waktu Dhuhur.

Berdasarkan pantauan Cendana News, pertemuan tersebut di antaranya membahas tentang perkembangan harga pangan, terutama menjelang datangnya bulan puasa dan juga persiapan Lebaran Idul Fitri 2017. Agenda utama pertemuan tersebut adalah membahas tentang persediaan stok dan juga kestabilan harga pangan.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman mengatakan, secara umum hingga saat ini stok ketersediaan kebutuhan pangan aman dan cukup hingga puasa sampai Lebaran. “Begitu juga dengan daging, tidak ada masalah,” jelasnya kepada wartawan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (18/5/2017).

Amran Sulaeman juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kerja sama dan koordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan sehingga apabila terjadi adanya kenaikan harga bahan pangan, Satgas Pangan langsung turun ke lapangan untuk melihat apa penyebab dan bagaimana solusinya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita juga menjelaskan bahwa perkembangan harga bawang putih dan juga daging beku masih stabil dan terkendali. Memang benar sebelumnya sempat terjadi kenaikan harga beberapa komoditas pangan, namun saat ini secara umum harganya berangsur relatif stabil dan terkendali.

“Secara umum stok dan demand terkait pangan tidak ada masalah, harga bawang putih dan daging beku masih dalam batas wajar. Apabila nanti ditemukan ada oknum importir yang sengaja menimbun komoditas pangan, maka akan kita tindak tegas dan izinnya langsung dicabut,” kata Enggartiasto Lukita kepada wartawan di Jakarta.

Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Satmoko / Foto: Eko Sulestyono

Source: CendanaNews

Komentar