Mendag Enggartiasto Lukita Klaim Harga Bawang Putih Berangsur Turun

33

KAMIS, 18 MEI 2017

JAKARTA — Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita menyebutkan, perkembangan harga Bawang Putih secara nasional berangsur-angsur turun harga. Sebelumnya harga bawang putih sempat berada di atas Rp 60.000 per kilogram, kini harganya berada di kisaran Rp. 40.000 per kilogram.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita

“Berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, harga Bawang Putih per kilogramnya cenderung mengalami penurunan secara signifikan dari semula Rp. 60.000 menjadi Rp. 50.000 kemudian turun Rp. 45.000 dan sekarang sudah berada di kisaran Rp. 40.000, kita memutuskan untuk menetapkan Harga Eceran Tertinggi, yaitu maksimal hanya Rp. 38.000 per kilogram,” sebut Mendag Enggartiasto Lukita kepada wartawan di Jakarta, Kamis siang (18/5/2017).

“Penurunan harga disebabkan karena pasokan Bawang Putih sudah mulai membanjiri pasaran secara bertahap,” tambahnya.

Enggartiasto Lukita juga menjelaskan, apabila ada pihak-pihak atau oknum tertentu yang sengaja melakukan penimbunan Bawang Putih, maka pihaknya secara tegas akan memproses kasus tersebut berdasarkan hukum yang berlaku. Ia juga mengancam akan mencabut izin impor perusahaan yang bersangkutan apabila terbukti mempermainkan harga kebutuhan pokok seperti pangan.

Disebutkan juga, pihaknya telah bekerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk turun ke lapangan dan melakukan pengawasan terkait dengan perkembangan harga di pasaran. Bahkan beberapa hari yang lalu tim Satgas Pangan berhasil membongkar gudang penimbunan Bawang Putih Impor dari Tiongkok dan dari India sebanyak 182 ton.

Jurnalis : Eko Sulestyono / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Eko Sulestyono

Source: CendanaNews

Komentar