JUMAT, 19 MEI 2017

YOGYAKARTA --- Menetri Perhubungan RI (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengaku akan membuka dialog dengan semua pihak dalam membuat keputusan kebijakan terkait proses pembangunan di setiap daerah termasuk di Yogyakarta. Mananggapi pro-kontra pembangunan jalan tol, menyusul pendirian bandara baru di Kulonprogo, Menhub, menyatakan pihaknya tak akan gegabah dalam membuat keputusan.

Menhub (kanan) saat menghadiri pameran tunggal seniman Budi Ubrux di Yogyakarta
"Pada dasarnya semua pembangunan yang akan dilakukan dimanapun termasuk di Yogyakarta, selalu kita lakukan dengan dialog. Kalau pun ada keputusan pasti melalui dialog," ujarnya seusai membuka pameran Rajakaya seniman Budi Ubrux di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) Kamis (18/05/2017) malam.

Menhub mengatakan pembangungan jalan tol sendiri sebenarnya tetap dapat dilakukan, tanpa harus mengurangi potensi pertumbuhan produktifitas ekonomi masyarakat sekitar. Yakni dengan membangun sejumlah jalur keluar atau jalur exit, yang dapat membuka akses bagi masyarakat sekitar untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi.

"Kalau kita bicara pro kontra antara tol atau non tol, sebenarnya tol bisa saja. Nanti kita bangun jalan exit sehingga memberi akses pada masyarakat. Atau jalan tol tapi semua warung di luar kita taruh disana. Sehingga mereka bisa tetap membuka usaha. Masyarakat harus diberdayakan agar mereka dapat berusaha dan akses jalan tidak terganggu," katanya.

Menhub mengaku yakin keberadaan tol akan memberikan kemakmuran bagi masyarakat di daerah yang dilalui. Karena dengan adanya tol tersebut, para wisatawan atau turis akan datang dengan nyaman, sehingga pada akhirnya akan menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar daerah tersebut.

Sebagaimana diketahui, pemerintah berencanya membangun infrastruktur pendukung berupa jalan yang menghubungkan tiga daerah yakni Jogja, Solo dan Semarang. Pembangunan dilakukan untuk meningkatkan konektivitas di kawasan strategis parwisata nasional candi Borobudur. Di antaranya rencana pembangunan tol Jogja-Bawen, yang juga terkoneksi dengan bandara baru di Kulonprogo. Namun sejumlah pihak khawatir pembangunan tol tak akan memberikan dampak positif apapun bagi warga sekitar.
Jurnalis : Jatmika H Kusmargana / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Jatmika H Kusmargana
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours