KAMIS, 18 MEI 2017

JAKARTA --- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama para Dirjen berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengadakan Program Angkutan Motor Gratis (Motis) pada lebaran tahun 2017.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berharap, adanya program mudik gratis dengan moda transportasi bus, kapal laut dan kereta api yang telah disiapkan, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Jika para pemudik menggunakan roda dua atau motor, rentan kecelakaannya sangat besar sekali. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat, diharapkan memilih angkutan umum yang sudah disiapkan Kementerian Perhubungan tersebut.

"Angka dari mudik gratis ini sangat signifikan. 57 persen dibanding tahun lalu, tahun 2017 penumpang kita siapkan 200.800 orang," kata Budi di Gedung Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Menjelang lebaran, pihaknya sudah menugaskan kepada Dirjen darat dan laut, agar dapat mensosialisasikan lebih detil kepada masyarakat, baik itu berkaitan dengan waktu, cara pemesanan, dan kapan pemberangkatan dilaksanakan.

"Berangkatnya dari mana, itu nanti disampaikan secara rinci oleh Dirjen darat dan laut masing-masing," Ucapnya.

Sementara itu, untuk jalur Brebes Exit (Brexit) yang sering macet dan menumpuk kenderaan di wilayah tersebut, Kemenhub dan para stakeholder akan mengunjungi guna mengecek persiapan lintasan, sehingga distribusi lalu lintas berjalan baik.

"Bukan hanya Brexit saja, kita juga mengamati secara detail Stasiun Senen, Gambir, Bandara Soakarno- Hatta," tuturnya.

Menteri Perhubuhan berharap dengan langkah yang dilakukan dalam program angkutan mudik lebaran tahun 2017 berjalan lancar.

"Semoga apa yang kita lakukan program mudik gratis tahun ini, keselematan pemudik juga aman," Kata Budi.

Adapun Wwaktu dan prosedur pendaftaran program angkutan mudik gratis tahun 2017 yakni, untuk moda transportasi Bus pendaftaran offline dimulai hari ini 18 Mei hingga 16 Juni 2017 di GOR Bulungan Blok M, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota dan Tangerang.

Sedangkan, untuk moda penyeberangan dimulai tanggal 1 Juni 2017, dua hari sebelum keberangkatan di kantor PT. ASDP Pusat.

Sementara untuk moda transportasi kerata api, 16 April hingga 16 Juni 2017 di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jatinegara, Stasiun Depok, Bogor, Cikarang dan Stasiun Purwakarta.
Jurnalis : Adista Pattisahusiwa / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Adista Pattisahusiwa
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours