SABTU, 20 MEI 2017
JAYAPURA --- Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Kota Jayapura resmi dipimpin Dwi Indarto dengan nama udara JZ27BM periode 2017-2021. Setelah sebelumnya dijabat Suparman (JZ27SPJ).

Dwi Indarto (tengah) Ketua terpilih periode 2017-2021, sementara calon kanan dan kiri mengundurkan dari dari pencalonan. -
Proses pemilihan ini dilakukan melalui Musyawarah wilayah ke-III RAPI wilayah 01 Kota Jayapura 27 Papua tahun 2017 yang berlangsung di Aula kantor Samsat Jayapura dan dibuka langsung  oleh Sekda Kota Jayapura.

Tahapan demi tahapan yang memakan waktu lebih dari setengah hari ini memunculkan berbagai macam pandangan dan beda pendapat, namun semua disatukan dalam musyawarah tersebut. Sidang penyaringan pencalonan ketua RAPI Kota Jayapura dipimpin langsung Evelin Tie (JZ27 AIN).

Sempat terjadi perdebatan dalam sidang paripurna tersebut, namun dapat teratasi karena mengedepankan Rukun di Udara, Akrab di Darat dan Iman di Hati. Sidang yang sempat diskor beberapa kali itu, mampu dilanjutkan hingga pendaftaran peserta anggota yang mempunyai hak pilih.

Berbondong-bondong didalam ruangan itu, sebanyak 150-an lebih pemilih dari anggota tersebut memberikan hak pilihnya ditengah sidang tersebut. Satu persatu nama disebutkan oleh petugas dari panitia musyawarah wilayah itu.

Tercatat 153 suara masing-masing 65 suara untuk Dwi Indarto (JZ 27 BM), Kunrat (JZ 27 AFF) dapatkan 20 suara, Suparman atau Walet (JZ 27 SPJ) mendapatkan 56 suara, sementara 7 suara lainnya tak masuk dalam calon karena kumpulkan suara masing-masing satu dan dua suara serta 3 sura lainnya dinyatakan hangus.

Dwi Indarto yang juga anggota Brigade Mobile (Brimob) Polda Papua menjadi satu-satunya calon tunggal setelah dua rekannya Kunrat dan Suparman mengundurkan diri dari percaturan calon Ketua RAPI Kota Jayapura.

Sidang pun dilanjutkan dengan penetapan Dwi Indarto sebagai Ketua RAPI Kota Jayapura periode 2017-2021 yang ditandai dengan penyerahan palu sidang dari pemimpin sidang Evelin Tie (JZ27 AIN) kepada Dwi Indarto yang disapa BM.

“Untuk misi, kedepan kami akan tetap bersinergi dengan pemerintah Kota Jayapura guna mensukseskan program-program pemerintah. Kedua kami tetap bekerjasama dengan instansi yang bekerja dalam kebencanaan, komunikasi agar terjalin komunikasi dengan masyarakat dengan baik,” kata BM kesejumlah jurnalis, Sabtu (20/5/2017) malam.

Selain itu, pihaknya akan membentuk RAPI lokalan sesuai distrik yang ada, sebelumnya kata BM RAPI lokal yang sudah ada yakni Distrik Heram, Abepura dan Muara Tami, sementara yang nantinya akan dibentuk yaitu Distrik Jayapura Utara dan Jayapura Selatan.

“Ini memudahkan informasi kebencanaan maupun kamtibmas dilokasi-lokasi tersebut. Tentunya juga saya berharap semua bekerjasama dengan kami,” ujarnya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) RAPI Papua? dikatakan BM nantinya kedepan ada perombakan dalam struktur tersebut, karena sebelumnya dirinya sebagai Ketua TRC RAPI Papua. Untuk TRC Kota Jayapura, ia mengaku nantinya akan segera membentuk.

“Agar dapat melayani kebutuhan anggota dan juga memberikan informasi kepada masyarakat, dan silaturahmi dengan organisasi radio yang ada disini akan terus terjalin. Ini juga kami mendukung dan siap sukseskan PON XX tahun 2020 di Papua yang terpusat di Jayapura,” tuturnya.

Sementara, Rosidi Rachim nama udara JZ 27 DD yang terpilih menjadi Dewan Pengawas dan Penasehat Organisasi Wilayah (DPPOW) mengaku kaget dirinya terpilih secara aklamasi dari rekan-rekan anggota RAPI yang hadir dalam musyawarah tersebut.

“Ini suatu hal yang menyenangkan, namun itu juga kerjaan rumah lagi buat saya, karena saya harus membantu Ketua terpilih untuk menyusun struktur organisasinya, harus betul-betul valid, bisa bekerjasama, bisa luangkan waktu, karena organisasi ini organisasi kemasyarakatan,” kata Rosidi.

Dirinya menilai sejak 2014 lalu, RAPI sudah mulai menunjukkan jati dirinya di Papua, dan yang paling penting telah dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat, Papua secara khusus Kota Jayapura.

“Mudah-mudahan ketua terpilih mempertahankan dan tugas beliau yang paling berat memajukan organisasi sosial ini, lebih mengembangkan dan lebih eksis dimata masyarakat,” ujarnya.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah bersama-sama meningkatkan pengabdian dengan semangat gotong royong. Dengan subtema semangat muswil ke-III wilayah 01 Kota Jayapura yang siap mensukseskan PON ke XX tahun 2020.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Indrayadi T Hatta
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours