Pemkot Balikpapan Siapkan Peminjaman Stadion Parikesit

0
23

RABU, 17 MEI 2017

BALIKPAPAN — Seiring belum lolosnya stadion Batakan dalam verifikasi PT Liga Indonesia Baru, Pemerintah Kota bersama DPRD Balikpapan mempersiapkan langkah antisipasi dengan meminjam stadion Parikesit Pertamina.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi menyatakan, upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota telah mengirimkan surat ke Pertamina untuk meminjam stadion Parikesit untuk dipakai sebagai homebase Persiba.

“Kami sudah kirimkan surat perpanjangan pinjam stadion Parikesit. Sekarang masih menunggu jawaban dari Pertamina sebelum dibongkar,” katanya, Rabu, (17/5/2017).

Dia mengharapkan Pertamina dapat meminjamkan stadion sebelum dibongkar karena stadion Parikesit rencananya juga masuk area perluasan Kilang Balikpapan tahun ini.

Terpisah, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mengungkapkan, respon Pertamina terhadap surat tersebut tidak masalah. Namun yang terpenting Pemkot dan DPRD Persiba dapat pindah jika sewaktu-waktu stadion dibongkar.

“Kamis sudah rekomendasikan itu, ya sudah jaminkan kami berharap dapat dipakai,” ucapnya.

Selain itu, Abdulloh mengatakan, penambahan anggaran untuk kursi dan areal parkir juga masih dibahas oleh tim anggaran. “Secara bertahap kita penuhi syaratnya liga seperti kursi, areal parkir, lapangan latihan,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan, Tara Alorante memaparkan, kebutuhan kursi untuk seluruh tribun berjumlah 46 ribu buah. Kursinya pun akan berbeda dengan kursi stadion sebelumnya. Karena akan dipilihkan yang terbaik, yakni berkualitas tahan lama, fiber glass dan model lontaran.

“Kualitas kursi yang cocok dengan outdoor, tahan dari sinar matahari, tidak berubah warna dan tidak mudah retak,” terangnya.

Penggadaan kursi lanjutnya, bergantung pada APBD kota. Apabila ada dana, Rp10 hingga 20 miliar akan diusulkan, dengan pengadaan secara bertahap.

“46 ribu kursi untuk stadion itu dibutuhkan dana Rp140 miliar. Bila ada dana kita usulkan secara bertahap, saat ini saya belum cek harganya lagi,” tutupnya.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Source: CendanaNews

Komentar