Peran TPID sebagai Alat Kontrol Perekonomian

0
21

SENIN, 15 MEI 2017
 
JAYAPURA — Peran Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) sebagai alat yang dapat digunakan pemerintah daerah untuk mengontrol perekonomian di wilayah tertentu. Hal ini ditegaskan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua, Joko Supratikto. 

Seminar nasional yang digagas Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua.

Menurut Joko, selain itu dapat juga mengontrol stok kebutuhan pokok yang ada di kabupaten/kota yang ada di dalam Provinsi Papua, termasuk mengendalikan harga di pasar-pasar. “Contohnya dari Jawa Timur yang sudah cukup berhasil menjaga stok serta distribusi antar daerah dan juga kerjasama antara daerah,” kata Joko Supratikto di sela-sela seminar nasional yang digelar pada salah satu hotel berbintang di Kota Jayapura, Senin (15/5/2017).

Diharapkan dari Papua, dapat menyamakan seperti di wilayah Jawa Timur agar tak ada gejolak harga-harga yang membuat masyarakat susah. Dengan dilakukannya seminar nasional, ia berharap selanjutnya dapat berkoordinasi lebih mudah.

“BUMD mana yang akan kita berdayakan, apakah harus dibentuk lagi atau diberdayakan BUMD yang sudah ada di sini,” ujarnya.

Apabila sudah ada BUMD yang diberi kewenangan untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah, dikatakan Joko, selanjutnya akan dikoordinasikan untuk peningkatan kerjasama dengan provinsi lain dalam bentuk MoU.

“Di dalam MoU itu nanti sudah ditunjuk, BUMD mana yang menangani Jawa Timur dan BUMD mana yang melayani wilayah lain. Nanti akan ada diskusi secara teknis lagi antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Papua, “ tuturnya.

Dibeberkannya, kerjasama antar daerah  bukan hanya mendatangkan komoditas yang ada di Jawa Timur dan provinsi lain ke Papua, melainkan sebaliknya. “Tapi juga bagaimana kita bisa menjual produk yang dihasilkan petani di sini keluar Papua. Jadi ada timbal baliknya. Petani di sana pemasarannya terjamin, stok di Papua juga tersedia cukup dan juga hasil di Papua dapat dipasarkan ke luar,” katanya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto.

Sekadar diketahui, Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua menggelar seminar peningkatan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) guna mendorong perekonomian di provinsi Papua. Pembicara yang hadir di antaraya Fauzan dari Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua, Omah Laduani selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua, dan Hanif Asrori dari PT Puspa Agro BUMD Jawa Timur.

Jurnalis: Indrayadi T Hatta / Editor: Satmoko / Foto: Indrayadi T Hatta

Source: CendanaNews

Komentar