SABTU, 20 MEI 2017
MAUMERE --- Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional para pemuda di Kabupaten Sikka Sabtu (20/5/2017) malam menggelar konser kebangsaan bertempat di Pusat Jajanan dan Cindera Mata Maumere.

Pembacaan teks Pancasila dan Sumpah Pemuda oleh para pelajar.
Menurut Vicky da Gomez  salah seorang penggagas,kegiatan ini sebagai sebuah langkah untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang mana akhir-akhir ini sedang mengalami cobaan dari berbagai oknum dan kelompok yang ingin memecah belah bangsa ini

"Sebagai generasi muda kami merasa peduli sehingga kami akhirnya melaksanakan kegiatan ini meski persiapannya cuma sekitar tiga hari saja," ungkapnya.

Bupati Sikka Drs.Yoseph Ansar Rera dalam sambutannya mengatakan 109 tahun yang lalu para pemuda yang berasal dari berbagai suku dan agama yang sedang berkuliah di Belanda mendirikan organisasi Budi Utomo sebagai tonggak awal hingga lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dari satu Sikka menuju Indonesia utuh itulah semangat yang harus terus kita kobarkan semangat nasionalisme sebab menjadi Indonesia itu harganya sangat mahal," sebutnya.

Pembacaan puisi oleh dua  murid kelas satu sekolah dasar.
Ditambahkan Ansar,sebagai orang Flores kita harus berbangga sebab saat dibuang di Ende Flores, disanalah nilai-nilai luhur Pancasila digali sehingga kegiatan seperti ini penting untuk mempertebal rasa nasionalisme.

"Saya sangat mendukung kegiatan ini sebab sejarah sudah membuktikan bahwa di tangan kaum mudalah negara ini didirikan," ungkapnya.

Ansar juga mengajak seluruh warga kabupaten Sikka untuk bersyukur sebab rasa persatuan dan kesatuan serta toleransi beragama tetap terjaga dengan baik dan Sikka menjadi salah satu lembar dari buku NKRI.

Selain itu Kepala Kantor Agama Kabupaten Sikka Drs.Petrus Fahik menyebutkan negara ini selalu dirongrong oleh oknum-oknum dan golongan yang ingin mencabik-cabik persatuan dan kesatuan bangsa ini, namun Allah tetap menjaga negeri ini.

"Kita harus tetap waspada terhadap oknum-oknum yang ingin memecah belah bangsa ini dan meruntuhkan bangunan toleransi yang selama ini tetap kita jaga dan rawat," pintanya.

Disaksikan Cendana News,selain Bupati Sikka konser kebangsaan ini juga dihadiri oleh para pimpinan OPD,Forkopimda,tokoh agama, ketua kelompok pemuda seperti GP Ansor, PMKRI, GMNI, Pemuda Katolik serta para pelajar.

Selain dibawakan wejangan kebangsaan dari berbagai tokoh pemuda,acara dimeriahkan juga dengan pembacaan puisi dan lagu-lagu perjuangan oleh para pelajar di Kabupaten Sikka serta aksi dari grup band dari kelompok anak-anak muda.

Bupati Sikka Drs.Yoseph Ansar Rera.


Jurnalis: Ebed de Rosary/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Ebed de Rosary
Bagikan:

Irvan Sjafari

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours