SELASA, 16 MEI 2017

MATARAM --- Memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), PT.PLN Perseo membangun unit sektor baru Tambora di Taliwang.

General Manager PLN Wilayah NTB, Mukhtar
"Pembangunan unit baru tersebut dilakukan PLN, selain untuk lebih berupaya meningkatkan layanan, juga karena seiring bertambahnya pelanggan baru PLN di Pulau Sumbawa," kata General Manager PLN Wilayah NTB, Mukhtar di Mataram, Selasa (16/5/2017).

Ia mengatakan, unit ini dibentuk agar unit pelayanan seperti PLN Area Sumbawa dan Area Bima dapat semakin fokus pada pelayanan pelanggan. PLN Sektor Tambora sendiri akan mengelola seluruh unit pembangkit dan jaringan transmisi yang ada di Pulau Sumbawa, mulai dari Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa Besar, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kota Bima.

“Harapannya, pengelolaan pembangkit dan jaringan transmisi juga menjadi fokus, sehingga listrik di Pulau Sumbawa dapat lebih andal. Apalagi ke depan akan banyak pembangkit dan transmisi baru.” terang Mukhtar.

Hingga tahun 2020, PLN rencananya akan membangun beberapa pembangkit baru di Pulau Sumbawa, yaitu PLTMG Sumbawa berkapasitas 50 Megawatt (MW), PLTMG Bima berkapasitas 50 MW. Selain itu, beberapa pembangkit dari Fast Track Program (FTP) yang dilanjutkan pembangunannya, yaitu PLTU Sumbawa Barat berkapasitas 2x7 MW ditargetkan beroperasi akhir tahun 2017 dan PLTU Bima 2x10 MW beroperasi tahun 2018. PLN juga akan membangun jaringan transmisi sepanjang 553 kilometer sirkuit (kms) di Pulau Sumbawa.

"Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan pelanggan di Pulau Sumbawa meningkat tujuh hingga delapan persen setiap tahunnya. Saat ini PLN Area Sumbawa melayani 135.805 pelanggan, sementara PLN Area Bima melayani 181.843 pelanggan yang terdiri dari pelanggan rumah tangga, bisnis, industri, sosial, dan pemerintah," tutupnya.
Jurnalis : Turmuzi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Turmuzi
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours