Program Nusantara Sehat: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

52

SELASA, 16 MEI 2017

JAKARTA — Program Nusantara Sehat hingga kini telah menyalurkan sebanyak 1.422 orang tenaga kesehatan yang terbagi menjadi 251 tim dan ditempatkan di 251 Puskesmas. Melalui program ini para tenaga kesehatan akan dikirim secara tim (Team Based) dan diharapkan dapat secara cepat melakukan penyesuaian sehingga permasalahan pelayanan kesehatan di daerah tujuan dapat cepat pula ditangani.

Puan Maharani dan Nila F. Moeloek di antara tenaga kesehatan yang akan dikirim ke daerah.

Program ini sangat penting karena tantangan utama dalam pelayanan kesehatan adalah belum meratanya distribusi sumber daya manusia kesehatan meliputi dokter, dokter gigi, perawat, perawat gigi, bidan, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, farmasi, analis laboratorium, dan tenaga gizi. Program ini juga selaras dengan agenda strategis Pemerintah untuk menghadirkan negara dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat.

Menko PMK, Puan Maharani, mewakili pemerintah memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Program Nusantara Sehat yang memiliki tujuan menempatkan tenaga kesehatan yang merata untuk dapat memberikan pelayanan di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

“Saya menyambut baik Program Nusantara Sehat yang memiliki tujuan menempatkan tenaga kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK). Ini sangat mendukung program Nawacita terutama Cita ke-3 yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” ungkap Puan saat didaulat menjadi Inspektur Upacara pada “Penutupan dan Pelantikan Tim Nusantara Sehat Batch VI” di Pusdikkes kodiklat TNI AD, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa sore (16/5/2017).

Tenaga Kesehatan, terang Puan, memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Salah satunya yaitu untuk mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat sehingga akan terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

“Ini merupakan investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi,” ujarnya.

Peserta Batch VI kali ini diikuti sebanyak 347 orang yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu yang tergabung dalam 60 Tim dan ditempatkan di 60 Puskesmas tersebar di Indonesia. Di hadapan para peserta, Puan juga memberikan sejumlah pesan seperti selalu mengutamakan keselamatan dan senantiasa menjaga kesehatan serta pesan positif lainnya. Para peserta juga diharapkan dapat menjadi wakil pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas di lokasi penugasan.

“Tugas Tim Nusantara Sehat ini adalah tugas yang sangat mulia. Saya menaruh harapan dan penghormatan yang besar terhadap para peserta yang bergabung dalam program Nusantara Sehat agar dapat berkonstribusi secara nyata di lokasi penempatannya,” harapnya.

Pada kesempataan ini, Puan juga menegaskan program prioritas dalam bidang kesehatan saat ini adalah penurunan angka kematian ibu, penurunan angka kematian bayi, serta meningkatkan usia harapan hidup. Peserta program Nusantara Sehat memiliki peran sangat besar di daerah dalam mendukung program prioritas tersebut terutama dalam peningkatan pelayanan kesehatan promotif dan preventif, selain pelayanan yang bersifat kuratif.

Jurnalis: Shomad Aksara / Editor: Satmoko / Foto: Humas PMK

Source: CendanaNews

Komentar