Puluhan Guru di Banjarmasin Terkena Razia Satpol PP

0
18

SELASA, 16 MEI 2017

BANJARMASIN — Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin mendapati puluhan guru keluyuran di dalam jam kerja. Mereka terjaring saat melintasi sejumlah jalan protokol di Kota Banjarmasin, Selasa (16/5/2017). Di hadapan petugas, para guru tersebut kesulitan menunjukkan bukti izin dari atasan.

Satpol PP menggelar razia disiplin ASN di Banjarmasin

Guru di SDN 1 Basirih, Zainudin mengatakan, ia pulang lebih awal karena tidak ada kegiatan belajar mengajar di sekolahan. Ia berdalih murid SD sedang menjalani ujian nasional serentak selama tiga hari pada Senin-Rabu pekan ini.

“Ada ujian nasional yang waktunya jam 08.00 hingga 10.00 pagi saja. Jadi saya pulang dulu, memang sudah tidak ada kegiatan lagi di sekolahan,” ujar Zainudin sambil menyodorkan berkas ke petugas Satpol PP. Selain ujian nasional, kata dia, sekolahnya juga akan menggelar ujian sekolah pada Kamis-Sabtu pekan ini.

Sementar itu guru SMAN 9 Banjarmasin, Mulyadi beralasan keluar kantor karena jam mengajar sedang kosong. Mulyadi memanfaatkan slot kosong ini untuk membesuk ibunya yang tengah sakit. Meskipun tanpa membawa surat izin dari atasan, Mulyadi bersikukuh tidak melanggar aturan disiplin ASN.

“Saya tidak meninggalkan tugas. Saya dapat kapan saja kembali ke sekolah, kebetulan sedang tidak ada jam mengajar. Bapak tahu tidak jam sekolah di SMAN 9 Banjarmasin?” kata Mulyadi kepada petugas Satpol PP. Namun tetap saja Mulyadi pun dimintai keterangan perihal nama dan instansinya.

Satpol PP merazia Aparatur Sipil Negara di depan kantor DPRD Kalimantan Selatan, Jalan Lambung Mangkurat, dan GOR Hasanuddin, Jalan Pangeran Antasari. Razia dalam rentang satu jam itu berhasil menjaring 46 orang ASN yang kebetulan melintas di Jalan Lambung Mangkurat. Satpol PP cuma mendata dan memperingatkan para ASN agar tidak keluyuran di dalam jam kerja. Kalaupun mesti keluar kantor, Satpol PP meminta melampirkan izin resmi dari atasan.

“Mayoritas guru yang terkena razia. Kebetulan lagi ujian nasional, jadi mereka pulang duluan,” ujar petugas Satpol PP, Syaripuddin.

Jurnalis : Diananta P Sumedi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Diananta P Sumedi

Source: CendanaNews

Komentar