SENIN, 15 MEI 2017

LAMPUNG --- Relawan literasi dari berbagai wilayah di Provinsi Lampung di antaranya dari Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Pringsewu serta berbagai wilayah melakukan aksi donasi buku di Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur. 
Para siswa sekolah di Jabung antusias memilih buku bacaan.
Selain Relawan Literasi, kegiatan bertajuk "Satu Juta Buku untuk Jabung" tersebut juga digagas oleh Ikam Jabung Say (IJS). Merupakan organisasi kepemudaan yang memiliki kepedulian terhadap literasi bagi generasi muda di wilayah tersebut. Sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, menurut salah satu relawan, Sugeng Hariyono, penggalangan donasi buku dilakukan dari seluruh Indonesia dan dari wilayah Lampung.

Sugeng Hariyono mengungkapkan, dari para donatur telah dikumpulkan donasi berupa buku dari wilayah Jakarta dan sekitarnya serta wilayah Lampung dengan jumlah mencapai sekitar 5.000 buku lebih. Ribuan buku tersebut diakuinya merupakan donasi tahap pertama yang diberikan kepada Relawan Literasi dan Pustaka Bergerak untuk didonasikan bagi anak-anak usia sekolah di Kecamatan Jabung dengan membuat sebuah rumah baca atau perpustakaan yang sekaligus diresmikan pada Senin (15/5). Rumah Baca Jabung Sai Pustaka yang ada di Jalan Merdeka Desa Negara Batin menjadi rumah baca satu-satunya yang digagas oleh para Relawan Pustaka untuk memberi perhatian bagi wilayah Jabung.

"Proses pengumpulan donasi buku hampir berlangsung selama satu bulan. Bantuan telah diperoleh dari perseorangan, organisasi, lembaga sosial dan siswa-siswa sekolah yang lulus dari tingkat SD hingga SMA," terang Sugeng Hariyono yang juga penggagas armada Pustaka Bergerak di Lampung saat dikonfirmasi Cendana News, Senin (15/5/2017).
Ribuan buku siap dibaca anak-anak muda Jabung.
Gerakan atau aksi satu juta buku untuk Jabung tersebut diakuinya saat ini masih terus mengumpulkan ribuan buku dan setelah Rumah Baca Jabung Say Pustaka diresmikan, donasi buku akan terus dilakukan untuk rumah baca tersebut. Selain untuk memberi kemudahan akses membaca buku bagi generasi muda di Kecamatan Jabung, aksi yang merupakan kepedulian Relawan Literasi dari berbagai wilayah di Lampung di antaranya Motor Pustaka, Onthel Pustaka, Perahu Pustaka, Matic Pustaka, Ransel Pustaka, Tanah Air Pustaka serta berbagai relawan pustaka lainnya.

Sebagai bentuk kepedulian pada generasi muda, beberapa pegiat literasi di antaranya Gunawan Wirdhana dari Onthel Pustaka, Rudi Hartono dan Ardiyanto dari Perahu Pustaka serta relawan lain, ikut terlibat dalam kegiatan pemberian ribuan buku untuk Jabung tersebut. Hamdani, salah satu relawan bidang kesehatan dari Komunitas Peduli Generasi Lampung (KPGL) menyebut, upaya membangun wilayah Lampung tidak hanya bisa dilakukan secara fisik berupa infrastruktur yang bagus, namun juga tergantung dari pembangunan karakter generasi muda dan sumber daya manusia (SDM), kesehatan dan pengetahuan. Upaya tersebut dilakukan dengan membaca dan penyediaan fasilitas membaca berupa buku-buku bacaan.

"Aktivitas relawan dari berbagai latar belakang ini sekaligus menjadi sebuah awal yang baik untuk memberi pengetahuan kepada generasi muda Jabung melalui buku," ungkap Hamdani.

Ribuan jenis buku yang didonasikan di Kecamatan Jabung tersebut, diakuinya, juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan Kepolisian Resor Lampung Timur. Khusus untuk Polres Lampung Timur, Kapolres Lampung Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Harseno bahkan mewajibkan kepada seluruh anggota dan jajarannya untuk mendukung kegiatan tersebut dengan mendonasikan minimal satu buku satu anggota.
Hamdani (kiri) anggota Komunitas Peduli Generasi Lampung.
Kegiatan pemberian donasi buku di Kecamatan Jabung juga tidak akan berhenti satu kali saja, melainkan akan menjadi kegiatan berkelanjutan untuk mencapai program satu juta buku untuk Jabung.
Jurnalis: Henk Widi / Editor: Satmoko / Foto: Henk Widi
Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours