SELASA, 16 MEI 2017

JAKARTA --- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN/RB), Asman Abnur, sempat menjelaskan kepada wartawan bahwa sebagian besar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kebanyakan habis hanya untuk membayar gaji dan tunjangan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pengawai Negeri Sipil (PNS).
MenPAN/RB, Asman Abnur.
Demikian dikatakan MenPAN/RB, Asman Abnur, kepada wartawan seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menkoperekonomian) Darmin Nasution di Gedung Ali Wardhana, Kompleks Kemenkoperekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Menurut data Kementerian PAN/RB,  hampir sebagian besar daerah yaitu kota dan kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia melaporkan bahwa ternyata lebih dari 50 persen APBD daerah masing-masing  sebagian besar dipergunakan untuk alokasi membayar gaji dan tunjangan PNS atau ASN.

Terkait dengan hal tersebut, maka dalam waktu dekat, Kementerian PAN/RB berencana akan memutasi atau memindahkan para PNS daerah ke daerah lainnya di Indonesia yang anggaran belanja PNS di bawah 50 persen. Selain itu Kementerian PAN/RB juga akan memindahkan atau memutasi PNS ke daerah yang masih kekurangan atau masih minim PNS.

Asman Abnur menjelaskan, hingga saat ini setidaknya ada 100 daerah tingkat II, baik kota maupun kabupaten yang anggaran belanja pegawainya sudah berada di kisaran 50 persen atau lebih. Saat ini, Pemerintah sedang mengkaji program yaitu Redistribusi PNS atau pemerataan penyebaran PNS.

Dengan demikian apabila ternyata di suatu daerah tertentu sudah dinyatakan kelebihan atau kebanyakan PNS, maka sebagian  PNS yang telah bekerja di daerah tersebut tersebut secara bertahap akan dipindahkan atau dimutasi ke daerah lain yang masih kekurangan atau membutuhkan PNS.

"Berdasarakan laporan dan data yang masuk di Kementerian PAN/RB, hampir sebagian besar APBD kota/kabupaten di Indonesia  habis hanya untuk membayar gaji dan tunjangan PNS. Setidaknya, ada sekitar 100 daerah atau lebih yang 50 persen dari APBD dihabiskan hanya untuk keperluan PNS," kata Asman Abnur, MenPAN/RB kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/5/2017).
Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Satmoko / Foto:  Eko Sulestyono





Bagikan:

Satmoko Budi Santoso

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours