Sehari 30 Peserta Datang ke Layanan Loket Pengaduan BPJS Kesehatan

0
21

SELASA, 16 MEI 2017

BALIKPAPAN — Sejak layanan pengaduan dan loket informasi dibuka oleh BPJS Kesehatan di kota Balikpapan, sedikitnya 30 hingga 40 calon dan peserta melaporkan keluhkan pelayanan kesehatan hingga mencari informasi terkait kepesertaan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, dr. Muhammad Fakhriza

“Dari keluhan dan pengaduan, perbaikan-perbaikan pelayanan terus dilakukan. Memang keluhan yang masuk rata-rata soal pelayanan di loket satu (keluhan pelayanan), sisanya cari informasi,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Balikpapan, dr. Muhammaf Fakhriza, Selasa (16/5/2017).

Menurut Fakhriza, upaya peningkatan pelayanan terus dilakukan dan melalui pelayanan keluhan akan diketahui kekurangan dari pelayanan yang dijalankan. Lanjutnya, jumlah peserta di Balikpapan mencapai 607.188 peserta atau 84 persen dari jumlah penduduk sebanyak 705 ribu.

“Peserta yang aktif membayar iuran sebesar 54 persen dari jumlah peserta mandiri. Dan jumlah peserta yang nunggak sebanyak 46 persen. Jumlah peserta mandiri ada 196 ribu di Balikpapan,” sebutnya.

Dikatakan Fakhriza, rata-rata peserta yang menunggak sampai 12 bulan bahkan ada yang hingga 19 bulan sejak BPJS kesehatan diluncurkan.

“Kalau dihitung nilai nominalnya mencapai 77 miliar tunggakan iuran peserta BPJS Kesehatan. Peserta yang menunggak iuran jika sakit harus memenuhi kewajiban membayar iuran dan denda 2,5 persen dari tarif rawat inap,” tutupnya.

Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti

Source: CendanaNews

Komentar