SENIN, 15 MEI 2017

LAMPUNG --- Ujian Sekolah (US) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat digelar mulai Senin (15/5) dan akan berlangsung hingga Sabtu (20/5) mendatang, salah satunya SDN 1 Pasuruan. Murid akan menjalani ujian mata pelajaran yang sebelumnya masuk dalam Ujian Nasional, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Agama, PKN, IPS, Bahasa Lampung dan Bahasa Inggris. 

Murid SD tengah fokus mengerjakan soal US hari pertama
Kepala SDN 1 Pasuruan, Suroto,SPd menyebutkan, ujian dimulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB dengan jumlah butir soal untuk Bahasa Indonesia sebanyak 50 soal, Matematika sebanyak 40 soal, dan IPA sebanyak 40 soal. Sementara untuk ujian dilakukan dengan sistem kertas dan pensil.

Suroto Kepala SDN 1 Pasuruan
Disebutkan, di SDN 1 Pasuruan tercatat 16 murid melaksanakan ujian, dengan menggunakan salah satu ruangan di sekolah tersebut. Sementara untuk persiapan, pihak sekolah menambah jam pelajaran.

"Sebelum pelaksanaan ujian sekolah dan ujian akhir sekolah para siswa telah mendapat tambahan jam pelajaran dan juga menggelar latihan. Diharapkan siswa bisa mengerjakan soal dengan lancar," terang Suroto,Spd kepada Cendana News, Senin (15/5/2017).

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 15.800 siswa tingkat SD/MI mengikuti ujian sekolah dan ujian akhir sekolah wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Sejak ujian nasional dihapus pada tahun 2014 untuk SD/MI dan sederajat dihapus format ujian akhirnya berubah nama menjadi ujian sekolah (US).

Kelulusan siswa ditentukan sepenuhnya oleh sekolah dengan melalui penilaian ujian sekolah, serta mempertimbangkan nilai mata pelajaran lain dan presentase kehadiran siswa.
Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours