JUMAT, 5 MEI 2017

YAPEN --- TNI Polri bersama Pemerintah Kabupaten Yapen menerima sepucuk senjata api (Senpi) rakitan dan enam (enam) butir amunisi kaliber 5,56 mili meter (mm) dari Yusup Aninam yang sebelumnya adalah anggota kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM), Jumat (5/5/2017).

Mantan anggota TPN OPM (tengah) berbincang dengan Dandim 1709/Yawa, Wakapolres dan Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen
Mantan anak buah pimpinan Fernando Worabay berbasis di Kampung Sasawa diduga kuat merupakan kelompok Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM) ini telah sadar, setelah dilakukan pendekatan oleh aparat keamanan melalui wawasan kebangsaan.

Mantan anggota OPM ini menyerahkan diri ke Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo disaksikan langsung Bupati dan Wakapolres Kepulauan Yapen di rumah pejabat Bupati. Kembalinya Yusuf Aninam ke dalam kehidupan masyarakat tak lepas dari langkah-langkah pendekatan yang dilakukan oleh Pemerintah daerah bersama Kodim 1709/Yawa melalui kegiatan-kegiatan positif yang membangun masyarakat, awalnya dari pelaksanaan TMMD ke-98 tahun 2017 di Kampung Sasawa.

"Saya terharu melihat apa yang Pemerintah dan TNI lakukan selama ini kepada masyarakat Papua dalam membangun daerah ini lebih baik lagi. Sudah 18 tahun saya dibutakan dan bergabung dengan kelompok yang tidak sepaham dengan NKRI,” kata Yusup Aninam saat berikan komentar ke media ini melalui telepon seluler milik Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo, Jumat malam.

Di tempat yang sama, Letkol Inf Sat Hari Wibow, Dandim 1709/Yawa mengaku bangga akan apa yang dilakukan mantan anggota OPM tersebut. Dalam TMMD pihaknya terus menggalang masyarakat dan pendekatan keagamaan yang dilakukan secara terus menerus selama TMMD berlangsung kurang lebih 30 hari.

"Kami terus-menerus menggalang dan berikan mereka pemahan soal bangsa NKRI tercinta ini melalui kerja nyata dalam pembangunan kampung mereka, sehingga yang bersangkutan tergugah hatinya untuk kembali kepangkuan Ibu Pertiwi," kata Dandim 1709/Yawa.

Ditambahkan Dandim, hal ini juga berkat adanya program yang digagas Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang memerintahkan untuk memanggil putra daerah untuk melaksanakan kegiatan Karya Wisata Nusantara Bersatu yang dilaksanakan di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur melalui Serbuan Teritorial.

"Terpilihlah empat putra-putra Papua dari Kampung Sasawa yang diberangkatkan oleh Dandim 1709/Yawa, dan inilah menambah kepercayaan masyarakat kepada TNI dan Pemerintah, salah satunya Bapak Aninam itu," ucapnya.

Dirinya menegaskan jaminan keamanan Yusup Aninam tetap terjaga, bahkan Wakapolres pun menjamin keamanan beliau dalam menjalani kehidupan secara normal menjadi seorang nelayan dan akan kembali ke Kampungnya di Kainui Distrik Angkaisera Kabupaten Kepulauan Yapen.

Tak hanya itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tony Tesar akan memberikan bantuan kepada mantan anggota TPN OPM tersebut sejumlah dana untuk dijadikan modal usaha, yang nantinya digunakan sebagai pengembangan dalam nelayannya.
Jurnalis : Indrayadi T Hatta / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Istimewa
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours