SELASA, 16 MEI 2017

BALIKPAPAN --- Setelah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar tradisional dan modern maupun melakukan pertemuan dengan distributor, Pemerintah Kota Balikpapan menjamin ketersediaan stok pangan. 

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah sidak ke pasar tradisional
Dalam Sidak, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, beberapa komoditi sayuran mengalami kenaikan seiring memasuki musim penghujan. Seperti sayur bayam satu ikatnya sekarang Rp12.000, sebelumnya 6.000 sehingga naik 100 persen. Komoditi lainnya bawang putih, telur dan daging ayam ras.

"Kita lihat beberapa yang mulai mengalami kenaikan, seperti bawang putih daerah lain juga terjadi kenaikan. Cabai juga mulai naik, sayuran karena musim penghujan wajarlah. Sayur naiknya tidak lama, nanti kembali normal," ungkapnya di sela Sidak ke pasar tradisional Balikpapan, Selasa sore (16/5/2017).

Dengan beberapa komoditi bahan pangan yang mulai naik, Rizal mengimbau agar warga tidak panic buying dan mengganti bahan sayuran lainnya dengan yang lain atau bahan makanan yang tidak mengalami kenaikan harga.

"Masyarakat juga jangan panik dan ganti bahan makanan lain sementara apabila terjadi kenaikan dengan menu lainnya yang tidak naik. Kami akan terus pantau ketersediaan. Yang jelas komoditi yang dibutuhkan masyarakat tidak langka atau aman," tegasnya kepada media.

Lanjutnya, pihak kepolisian juga telah menurunkan tim reserse untuk mengawasi selama Ramadan hingga Idul Fitri.

"Mudah-mudahan sampai memasuki puasa tidak ada lonjakan harga yang signifikan," sambung Rizal.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga, disebutkan Rizal akan melakukan operasi pasar dan bazar murah pada tiga komoditi yakni beras, gula pasir dan daging dengan melihat perkembangan harga.

Di tempat yang sama Ketua DPRD, Abdullah mengungkapkan, yang perlu diantisipasi adalah penimbunan. Hal tersebut akan menjadi pengawasan bersama Muspida dan Kepolisian.

"Pengawasan sepakat dilakukan bersama Muspida dan kepolisian" imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga minta kepada Komisi II DPRD Balikpapan aktif melakukan Sidak ke sejumlah pasar untuk memantau harga agar harga tidak terjadi lonjakan.

"Harapannya harga tidak akan naik tinggi, sekarang stabil saja harga. Kalau sayur naik itu wajar karena musim penghujan tapi tidak lama," tutupnya.
Jurnalis : Ferry Cahyanti / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Ferry Cahyanti
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours