Sistem Tiket Elektronik Akibatkan Kemacetan Berikut Penjelasan PT Mata Pencil

0
24

SABTU, 6 MEI 2017

LAMPUNG — Ratusan kendaraan berbagai jenis dari Pulau Sumatera menuju ke Pulau Jawa terpaksa menunggu cukup lama akibat sistem pintu tiket elektronik atau palang otomatis di gerbang pembelian tiket tidak terbuka sehingga kendaraan tidak bisa melintas. 

Wakil Deputi Techical Support PT Mata Pencil Globalindo Ahmad Mahri.

Kejadian yang sempat menghambat arus kendaraan dari Pulau Sumatera menuju ke Pulau Jawa tersebut sempat mengakibatkan antrian kendaraan cukup panjang meskipun tidak berimbas pada arus pelayanan jasa penyeberangan menggunakan kapal roll on roll off (Roro) di Selat Sunda.

Terkait insiden kerusakan sistem pintu otomatis di loket pembelian tiket tersebut upaya perbaikan segera dilakukan oleh tim technical support PT Mata Pencil Globalindo selaku rekanan dari PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Pelabuhan(ASDP) Cabang Bakauheni untuk memperlancar proses pembelian tiket khusus kendaraan.

Menurut Ahmad Mahri selaku Wakil Deputi Techical Support PT Mata Pencil Globalindo, insiden tersebut diakuinya berdampak antrian kendaraan berbagai jenis di pintu masuk loket pembelian tiket meski segera diantisipasi oleh petugas teknis.

“Kami meminta maaf kepada pengguna jasa terutama sistem pintu otomatis terganggu murni karena faktor alam dimana kondisi malam hari hujan berimbas pada sistem kelistrikan terganggu akibat petir dan menyebabkan kendaraan tidak bisa masuk ke area pelabuhan,” terang Ahmad Mahri kepada Cendana News di kantornya,Sabtu (6/5/2017)

Ia menyebut akibat faktor cuaca dengan kondisi hujan disertai petir tersebut berdampak pada tegangan yang sempat merosot dan selanjutnya melonjak tajam berimbas kelistrikan pada sistem palang elektronik mengalami masalah.

Meski demikian ia memastikan kerusakan pada palang otomatis tersebut tidak berpengaruh pada sistem penjualan tiket elektronik karena pelayanan tetap berjalan dengan normal bahkan sementara palang otomatis di non aktifkan proses pelayanan penjualan tiket kendaraan berbagai jenis berjalan normal.

Insiden yang terjadi pertama kali tersebut menurut Ahmad Mahri segera akan diantisipasi oleh tim tekhnis dengan menambah sistem penangkal petir (grounding system) di beberapa titik terutama di pintu masuk pembelian tiket.

Pemasangan sistem penangkal petir yang lebih baik tersebut dilakukan untuk meminimalisir insiden terganggunya proses pembelian tiket yang bisa mengganggu jadwal pelayaran.

Sebelumnya diberitakan Cendana News kerusakan pada sistem palang otomatis pada Jumat malam (5/5) mengakibatkan kemacetan panjang yang tak terhindarkan bahkan mengular hingga ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Bakauheni atau sekitar satu kilometer dari pintu keluar dan pintu masuk Pelabuhan Bakauheni.

Ratusan pengemudi kendaraan truk ekspedisi dan bus serta kendaraan pribadi bahkan harus menunggu nyaris satu jam akibat terganggunya sistem palang elektronik yang akan terbuka saat pengendara akan membeli tiket dan setelah membeli tiket tersebut.

Akibat semua gerbang loket pembelian tiket belum bisa dibuka semua jenis kendaraan di beberapa gerbang (line gate) bahkan terpaksa menunggu hingga terpaksa digunakan sistem manual dan semua palang otomatis dinonaktifkan.

Keluhan disampaikan oleh pengurus jasa penyeberangan, Lukman, sebab ia menyebut dengan kerusakan atau masalah pada sistem palang otomatis berimbas keterlambatan proses distribusi dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Ia bahkan menegaskan akibat keterlambatan tersebut dirinya mendapat komplain dari pelanggan yang akan dikirim barang. Ia berharap antisipasi oleh pengelola tiket kendaraan bisa dilakukan untuk memberi layanan maksimal kepada pelanggan.

Pantauan Cendana News sejumlah gerbang pembelian tiket kendaraan sudah dioperasikan secara manual tanpa ada pintu otomatis meski beberapa gerbang loket pembelian tiket sempat mengalami kendala.

Sementara untuk loket pembelian tiket dan semua palang otomatis yang ada di sekitar area pelabuhan tetap berfungsi dengan baik diantaranya di area menuju terminal dan loby tiket penumpang pejalan kaki.

Palang otomatis sementara dinonaktifkan.

 
Berita Terkait.

http://www.cendananews.com/2017/05/sistem-tiket-elektronik-bermasalah.html

Jurnalis: Henk Widi/Redaktur: Irvan Sjafari/Foto: Henk Widi
Source: CendanaNews

Komentar