Susi Pudjiastuti Sayangkan Penundaan Larangan Pemakaian Cantrang

41

KAMIS, 4 MEI 2017

JAKARTA — Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, sebenarnya sangat menyayangkan terkait penundaan larangan penggunaan Cantrang, yaitu salah satu jenis alat tangkap ikan di lautan. Demikian pernyataan tersebut disampaikan Susi Pudjiastuti kepada wartawan di Kompleks Kementerian KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Menteri KKP, Susi Pudjiastuti.

Sebelumnya diberitakan bahwa peraturan terkait dengan larangan pemakaian alat Cantrang untuk menangkap ikan tersebut hanya diperpanjang sampai akhir Juli 2017. Namun Pemerintah Pusat melalui Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk kembali memperpanjang penggunaan Cantrang hingga tanggal 31 Desember 2017 mendatang.

Pengertian alat penangkap ikan jenis Cantrang adalah sebuah alat tangkap ikan yang dilengkapi dengan dua tali penarik berukuran panjang. Dua tali tersebut kemudian dikaitkan tepat di ujung sayap jaring. Cantrang biasanya digunakan untuk menangkap ikan yang mencari makan atau hidup di dasar lautan.

Sementara itu, larangan penggunaan Cantrang sendiri diatur berdasarkan Surat Edaran Nomor 72/MEN-KKP/2016. Surat Edaran tersebut berkaitan dengan Pembatasan Pemggunaan Alat Cantrang untuk menangkap ikan di wilayah pengelolaan perikanan negara Indonesia.

“Penundaan larangan penggunaan alat Cantrang untuk keperluan menangkap ikan yang semula dijadwalkan berakhir Juli 2017 kemudian ditunda lagi Desember 2017. Hal tersebut sebenarnya patut disayangkan. Kementrian KKP sudah berdialog dan mensosialiskan larangan penggunaan alat Cantrang kepada para nelayan, seharusnya nelayan tidak lagi menggunakan Cantrang untuk menangkap ikan, karena Cantrang berbahaya dan merusak, terutama kelangsungan hidup ikan yang hidup di dasar laut,” kata Menteri KKP Susi Pudjiastuti kepada wartawan di Kompleks Kementrian KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

Namun nelayan dan pemilik kapal pencari ikan merasa keberatan dan protes menjelang batas waktu terkait pelarangan penggunaan alat tangkap jenis Cantrang yang akan berakhir pada Juli 2017.  Akhirnya Pemerintah Pusat memutuskan kembali menunda larangan penggunaan Cantrang, setidaknya hingga tanggal 31 Desember 2017 mendatang.

Jurnalis: Eko Sulestyono / Editor: Satmoko / Foto: Eko Sulestyono

Source: CendanaNews

Komentar