Tahun Ini, Transfer Dana Desa NTB Capai Rp865 Miliar

58

KAMIS, 4 MEI 2017

MATARAM — Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rusman mengatakan, total transfer Dana Desa (DD) NTB mencapai Rp865 miliar. “Dana tersebut merupakan dana dari keseluruhan desa di NTB, dengan jumlah desa mencapai 995 desa yang tersebar di delapan Kabupaten Kota” jelasnya, di Mataram, Kamis (4/5/2017).

Rusman

Rusman menjelaskan, besaran DD yang akan diterima setiap desa nantinya akan bervariatif, tergantung luas wilayah, jumlah penduduk dan topografi, kalau desa yang wilayah luas dan penduduknya banyak, jelas DD-nya lebih besar, demikian juga sebaliknya.

Berkait besaran nilai DD yang akan diterima masing-masing desa, Rusman menjelaskan, jika jumlahnya mulai Rp720 miliar hingga Rp1,1 miliar, yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama sebesar 60 persen di bulan Mei dan tahap kedua pada bulan Agustus sebesar 40 persen. “Diharapkan, dengan besaran dana tersebut, proses pembangunan infrastruktur, pertanian dan perekonomian masyarakat pedesaan bisa terus berkembang,” ujarnya.

Jurnalis: Turmuzi/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Turmuzi

Source: CendanaNews

Komentar