Tangani Banjir, DPRD, Pemkot dan REI Balikpapan, Bersinergi

58

SENIN, 15 MEI 2017

BALIKPAPAN — Upaya penanganan persoalan banjir terus dilakukan Pemerintah Kota dan DPRD Balikpapan, yang akan bersinergi bersama Real Estate Indonesia (REI) Balikpapan. Hal ini dilakukan setelah pihak DPRD melakukan pertemuan bersama REI, yang nantinya akan membentuk gerakan peduli lingkungan bersama.

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, mengatakan dalam gerakan bersama untuk mengetahui persoalan dan sharing anggaran REI dengan Pemerintah, dalam penanganan banjir yang bisa ditangani pemerintah dan pengembang. “Satu-persatu dikupas bersama, nanti kita investigasi persoalannya dan sharing anggaran,” ungkapnya, usai Rapat Paripurna LKPJ 2016, Senin (15/5/2017).

Diakuinya, jika banjir yang terjadi saat ini tidak lepas dari pengupasan lahan yang dilakukan pengembang yang tidak bertanggungjawab terhadap aspek lingkungan. “Kita tidak dapat menuduh serampangan pengembang nakal, karena ada juga banyak pengembang yang memiliki niat baik yang itikadnya baik dan mematuhi aturan yang disepakati. Banyak juga yang peduli pada lingkungan Kota Balikpapan,” katanya.

Dalam LKPJ Walikota, pelaksanaan APBD 2016 yang masih menjadi catatan DPRD yakni masalah banjir. Namun, posisi dewan tidak dalam memojokkan, namun menjadi tanggungjawab bersama.”Bersama Pak Wali akan fokus pada penanganan banjir, khususnya daerah yang rawan atau mudah terkena banjir,” ulas Abdulloh.

Ia menambahkan, penanganan banjir dilakukan dari sumber penyebab banjir dan kondisi riil di lapangan. “Kami akan koordinasi secara intens dengan pengembang untuk penanganan bersama. Karena penanganan banjir ini tidak sepenuhnya bisa dilakukan pemerintah, tapi juga masyarakat termasuk swasta,” ujarnya.

Jurnalis: Ferry Cahyanti/ Editor: Koko Triarko/ Foto: Ferry Cahyanti

Source: CendanaNews

Komentar